Topic Archives: Ospek

Idealisme dan Relevansi Ospek Bagi Mahasiswa Muslim: Studi Kasus UI

Memandang suatu program kerja atau program dakwah sebaiknya tidak hanya dengan melihat evaluasi, tetapi juga melihat idealisme dan relevansi. Terlebih jika fenomena yang ada sudah terjadi bertahun-tahun. Ada dua kemungkinan ketika suatu program menurun dan tidak terjadi peningkatan signifikan dalam waktu yang panjang, apalagi jika di awal memiliki masa kejayaannya.

Baca selengkapnya »

Perpeloncoan Terselubung dalam Pembangunan Karakter Mahasiswa Baru Di Ranah Pengkaderan Lembaga Kampus

Jangan sampai karakter bangsa indonesia yang terkenal ramah tamah pada setiap orang hilang secara perlahan diakibatkan pembiasaan pembangunan mental kasar ala penyambutan mahasiswa baru dengan bentuk ospek, dan pengkaderan tak mendidik. Karena mahasiswa adalah kaum strata tengah yang mampu menyambungkan lidah aspirasi kalangan masyarakat bawah dengan kalangan strata elit pemerintahan. Dia menjadi sosok panutan yang dipersiapkan untuk memimpin bangsa indonesia kedepan. Apabila hari ini acara penyambutan disemarakkan dengan perilaku perpeloncoan yang tak berprikemanusiaan, maka bangsa indoensia akan mengalami krisis kepemimpinan yang santun dan beretika di masa yang akan datang.

Baca selengkapnya »

OSPEK Sehat, Bukan OSPEK Ajang Bullying

OSPEK yang sehat merupakan OSPEK yang bertujuan murni untuk membantu mahasiswa baru untuk lebih cepat mengenal medan kampusnya. Masa awal perkuliahan merupakan masa peralihan, dari status siswa menjadi mahasiswa, yang cukup berat bagi mahasiswa baru. Pada masa-masa ini, mahasiswa baru membutuhkan pemahaman yang cukup, setidaknya atas; sistem akademik yang berlaku di perguruan tinggi, sarana pengembangan diri di lingkungan kampus, peran dan fungsinya sebagai mahasiswa, hingga pengenalan wilayah kampus dan sekitarnya. OSPEK haruslah menjadi sarana akselerasi mahasiswa baru, agar dengan waktu yang relatif cepat dapat beradaptasi dengan kehidupan kampus sebagai mahasiswa.

Baca selengkapnya »
Organization