Topic Archives: Menghafal Al-Quran

Cara Menghafal Al-Quran di Karantina/Super Manzil

Langkah pertama adalah menargetkan jumlah hafalan yang akan dicapai dalam bilangan hari. Contoh, saya mengikuti karantina dalam 40 hari dan menuntaskan hafalan dalam waktu 20 hari. Jadi target yang dituliskan jangan tanggung – tanggung, langsung saja 30 Juz. Azzamkan kepada diri sendiri untuk menghafal 1 Juz sehari. Ukuran setoran adalah sekali duduk minimal dan maksimal harus tepat 1 halaman, jangan melebihi satu halaman karena akan menguras pikiran dan stamina, setorkanlah 1 halaman setiap kali duduk. 1 halaman insya Allah bisa diselesaikan dalam 20 menit jika point pertama dan kedua diterapkan secara optimal.

Baca selengkapnya »

Persembahan Jubah Kemuliaan dari Anak Penghafal Al-Quran

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menjamin kemurnian Al-Quran telah memudahkan umat ini untuk menghafal dan mempelajari kitab-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan para hamba-Nya agar membaca ayat-ayat-Nya, merenungi artinya, dan mengamalkan serta berpegang teguh dengan petunjuknya. Dia Subhanahu wa Ta’ala telah menjadikan hati para hamba yang shalih sebagai wadah untuk memelihara firman-Nya. Dada mereka seperti lembaran-lembaran yang menjaga ayat-ayat-Nya.

Baca selengkapnya »

Teman Belajar Menghafal Alquran

Darinya aku tahu, bahwa untuk bisa menghafal mereka butuh membaca sedang yang mampu membaca al quran tidaklah bayak. Kelas lima dibagi menjadi tiga kelompok, tiap kelompok ada yang pandai membaca sehingga yang pandai membaca membacakan bagi kelompoknya untuk ditirukan berulang ulang sampai hafal, jika hendak dihafalkan dikelas pasti akan riuh dan tidak jadi menghafal karenanya dilakukan di luar kelas. Bentuk kelompok juga memacu siswa untuk menjadi kelompok yang terbaik.

Baca selengkapnya »

40 Hari Menghafal Al-Quran 30 Juz

AMT (al-Quran Memorization Training) merupakan salah satu metode dalam system karantina menghafalkan al-Quran 30 juz hanya dalam waktu 40 hari. Metode tersebut telah sukses diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dan telah melahirkan alumni lebih dari 300 orang dengan ratusan diantaranya khatam menghafal al-Quran 30 juz.

Baca selengkapnya »

Lamaran Ditolak, Pemuda Ini Pun Nekat Menghafal Al-Quran

"Kalau datang kepadamu seorang laki-laki yang kamu sukai agama dan akhlaknya maka nikahkanlah. Kalau tidak, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan besar di muka bumi." Demikian pesan nabi Muhammad Saw kepada para orang tua, khususnya yang memiliki putri yang belum menikah. Sangat wajar bila para orang tua memiliki kekhawatiran terhadap nasib anak-anak mereka di masa mendatang, khususnya anak perempuan. Namun Rasulullah Saw. telah memberikan petunjuk dalam memilihkan jodoh untuk anak perempuan. Kuncinya ada dua: agama dan akhlak, karena agama tanpa akhlak akan cacat, sedangkan akhlak tanpa agama percuma

Baca selengkapnya »

Kisah Inspirasi Kakek Penghafal Al-Quran (Based on True Story)

"Kek, baru kali ini saya mengalami kejadian yang luar biasa ketika mengoperasi pasien. Setelah satu jam kakek murajaah hafalan quran, kami pun membius kakek, saya yakin sudah tepat dosis bius kepada kakek, saya yakin dosis tersebut akan membuat kakek tak sadarkan diri. Tapi masya Allah, sepanjang operasi kakek tak berhenti sedikitpun membaca quran, seolah obat bius yang kami suntikan tak ada pengaruhnya dan rasa sakit saat operasi tak dirasakan"

Baca selengkapnya »

Yuk, Menghafal Al-Quran!

Menurut saya hafalan yang sempurna tidak berhenti pada sekadar hafal secara teks, tapi juga hafal makna ayat tersebut, dan bisa mewujudkannya melalui akhlak. Karena seperti itulah Rasulullah SAW, Aisyah RA, istri beliau pernah berkata, “Akhlak Rasulullah seperti Al-Quran. Maka, hendaknya kita bisa ‘ittiba (mengikuti) Rasul. Sembari menghafal ayat, kita juga membaca terjemahan ayat dan asbabun nuzulnya, bahkan tafsirnya. Hal ini juga membantu dalam mengingat ayat. Karena dalam proses tersebut, otak diajak berpikir dan bernalar sehingga memori akan mengendap dan ingatan menjadi lebih kuat. Saat itu juga, hati kita akan merasakan hikmah dari ayat-ayat tersebut.

Baca selengkapnya »

Seminar Internasional Menghafal Al-Quran Tak Kenal Usia

Seminar internasional menghafal Al-Quran Tak Kenal usia. Keynote speaker: Ustadz Bachtiar Nasir, Lc. MM. (Ketua Ar Rahman Qur'an Learning Centre). Pembicara: 1. Syaikh Karamallah bin Assyaikhbin Abdillah dari Sudan, 2. Ust. dr. Faisal Abdillah Shahib dari AMT Makassar. Sabtu, 31 Mei 2014, 09.00 - 15.00 WIB di Masjid Al-Azhar Jakapermai Kalimalang, Bekasi.

Baca selengkapnya »

Seminar Akbar Metode 40 Hari Menghafal Al-Quran

Setelah sukses mengadakan Daurah 40 Hari Menghafal Al-Quran Jilid 1 dan 2 dan telah mencetak 113 Alumni (ikhwan 50 & akhwat 63) dan 43 diantaranya telah menyelesaikan hafalannya 30 juz. Maka Al-Quran Memorization Training (AMT) bekerjasama dengan Wahdah Islamiyah Yogyakarta kembali menggelar EVENT AKBAR pertama kali di Yogyakarta.

Baca selengkapnya »