Topic Archives: Mengeluh

Mengeluh Bukan Solusi

Daripada mengeluh, lebih baik memikirkan solusi yang tepat untuk memecahkannya. Apabila masalah tersebut kompleks, cobalah untuk membaginya menjadi beberapa bagian yang lebih sederhana, karena memecahkan masalah yang sederhana akan jauh lebih mudah. Bila perlu, tanyakan kepada orang yang lebih mengerti mengenai masalah yang kita hadapi tanpa harus mengeluh. Ada banyak sekali jalan menuju kebaikan, semuanya tergantung bagaimana cara kita menyikapinya dan seberapa keras usaha dan doa kita dalam menyelesaikannya.

Baca selengkapnya »

Jangan Mengeluh, La Yukalifullahu Nafsan Illa Wus’ahha

“Sabar.. imanku juga belum sesempurna yang ada dalam pandanganmu, tapi Allah selalu menutup aib kita, memeluk keluh demi keluh kita. Mengeluhlah hanya padaNya, sesungguhnya dia tidak akan membebankan beban yang berat di luar kemampuan kita. Jangan mengeluh di depan manusia, jangan mengeluh pada diri sendiri, kasihanilah hati dengan hanya mengeluh padaNya. Allah menyukai hambaNya yang kuat di hadapan manusia, tapi lemah di atas sajadah saat menghadapNya.”

Baca selengkapnya »

Masih Mau Mengeluh?

Masih mau mengeluh? Masih mau meratap? Meratap dan mengeluhlah sewajarnya saja, jangan sampai berlebihan dan berlarut-larut dalam kesedihan. Jangan sediakan waktu untuk menaiki panggung ratapan dan berseru tentang kesedihan. Alangkah lebih baiknya engkau mensyukuri nikmat yang telah engkau dapatkan. Betapa indahnya setelah engkau bersyukur dan memahami semua hakikat itu, lalu engkau mendakwahkannya kepada orang-orang di sekitarmu.

Baca selengkapnya »

Mari Membiasakan Diri tidak Mengeluh

Hidup adalah proses panjang melelahkan yang penuh coba dan goda, seperti dunia yang bagaikan penjara bagi mereka yang bertaqwa. Karena bagi pencari keridhaan Yang Esa, kalaupun dia hartawan atau hanya sabar dan syukurlah perhiasan yang dia punya. Tidaklah semua itu berharga, melainkan hanya cicipan ala kadarnya dari surga yang kenikmatannya abadi tiada tara.

Baca selengkapnya »
Organization