Topic Archives: Memakmurkan Masjid

Tingkatkan Mutu Masjid dan Mushola, DEMI Study Banding ke Masjid Al-Ikhlas Jati Padang

Dewan Ekonomi Masjid Indonesia (DEMI) yang diketuai oleh Valentino Dinsi menyelenggarakan study banding Masjid dan Mushola se wilayah Tangerang Selatan. DEMI cabang Tangerang Selatan yang dipimpin oleh Hary Purnomo melakukan salah satu rangkaian kunjungan study banding ke Masjid Al-Ikhlas Jati Padang pada Ahad (26/11/2017). Masjid Al-Ikhlas merupakan masjid yang telah mendapatkan sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015.

Baca selengkapnya »

Makmurkan Masjid Sarana Cinta Allah

Masjid merupakan salah satu sarana pembinaan umat yang mendapat perhatian begitu besar dari Rasulullah Saw. Bahkan, ketika Rasul sampai di Madinah, bangunan pertama yang didirikan adalah masjid yang kemudian dinamai Masjid Nabawi. Oleh karena itu kita sebagai muslim semestinya kita memiliki perhatian dan kecintaan yang besar terhadap Masjid. Kecintaan yang besar kepada masjid akan membuat kita memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap pemakmurannya.

Baca selengkapnya »

Taman Surga Mulai Sepi

Tidak heran dan sudah menjadi kebiasaan para generasi umat pada saat ini, seperti pacaran, berkelahi, ugal-ugalan. Lebih sering kita lihat mereka berada di tempat-tempat wisata dan tempat sepi untuk mengisi waktu dengan pasangannnya daripada memakmurkan masjid dan surau. Bahkan peran orang tua di rumah tidak pernah mengontrol anaknya untuk mendirikan shalat, apalagi shalat berjamaah di sana.

Baca selengkapnya »

Tiga Langkah Memakmurkan Masjid

Jika kita memperhatikan kondisi masyarakat Islam sekarang yang jauh dari nilai-nilai Islam sendiri maka hal yang pertama bisa lihat adalah bagaimana masjidnya. Ada sebuah ungkapan kondisi masjid adalah kondisi keimanan masyarakat sekitar. Walapun tidak selamanya benar tapi pernyataan ini dapat menjadi indikator paling mudah dalam mengukur kondisi masyarakat. Semakin makmur masjid maka semakin tinggi pula kualitas keimanan masyarakat sekitar masjid itu dan sebaliknya semakin sepi ataupun tidak terurus masjid itu semakin turun kualitas masyarakat sekitar.

Baca selengkapnya »

Menghidupkan Kembali Fungsi Masjid

Di era modern ini, masjid harus dapat mengambil fungsi dan peran penting dalam membangun peradaban umat. Masjid hendaknya dapat dijadikan sebagai “Islamic Centre” yang memberikan pengaruh signifikan bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Makanya masjid tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah tetapi juga dapat dijadikan sebagai sarana dakwah dan pusat informasi Islam, pendidikan dan pembinaan, pengembangan ekonomi umat, seni dan budaya Islam dan kegiatan sosial lainnya.

Baca selengkapnya »

Irwan Prayitno: Memakmurkan Masjid Adalah Upaya Memberdayakan Masyarakat dalam Pembangunan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) DR. H.M Jusuf Kalla, melantik Ketua Drs. H. Yulius Said Dt. Tan Basa dan kepengurusan DMI Provinsi Sumatera Barat bertempat di Auditorium Gubernuran, Rabu (21/11). Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno, Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigu, Wakil Walikota Padang Mahyeldi, dan Utusan DMI se-Sumatera Barat.

Baca selengkapnya »
Organization