Topic Archives: Kurikulum 2013

Surat Terbuka untuk Mendikbud: Keberatan Atas Materi Pada Buku PJOK SMA Kelas XI Semester 1

Pada halaman 128-129, materi pembelajaran seolah-olah memberikan pengesahan terhadap “pacaran” sebagai bagian dari kepribadian anak bangsa. Bahwa dalam konteks kehidupan modern saat ini, pacaran telah menjadi salah satu gaya hidup anak bangsa, namun hal tersebut merupakan suatu tindakan yang harus mendapat pengawasan ketat.

Baca selengkapnya »

Jeritan Hati Guru Korban Kurikulum 2013

Ketika membuka silabus Kurikulum 2013 yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan M. Nuh, terlihat rasa was-was dan rasa gelisah kebanyakan guru, guru tingkat dasar dan tingkat menengah yang seolah mereka terabaikan. Sebagian guru mencerutu dengan kata yang kurang menyenangkan, namun sebagian lain pasrah terhadap kuasa Tuhan...

Baca selengkapnya »

Sains Islam dan Kurikulum 2013

Ketika zaman kejayaan Islam, ulama dan saintis bersatu dalam tubuh tiap manusia. Namun sekarang ulama seolah-olah tidak mengerti sains dan saintis tidak mengerti Islam. Ini disebabkan oleh konsep pendidikan Indonesia yang masih memisahkan agama dan sains. Pemisahan ilmu, yang dalam konteks ini adalah sains dengan agama inilah yang disebut Syed Muhammad Naquib al-Attas sebagai sekularisasi.

Baca selengkapnya »

Sensus Kurikulum 2013 Seharusnya Dilakukan Oleh Tim Independen

Pelaksanaan sensus Kurikulum 2013 rencananya di lakukan pada tanggal 19 Agustus 2013, diundur pada bulan September, dikarenakan pelaksanaan Kurikulum 2013 baru secara efektif dilaksanakan pada bulan Agustus 2013. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan M Nuh, menjelaskan bahwa kegiatan sensus aspek pertama yang akan dilihat adalah terkait materi atau bahan ajar, kemudian aspek berikutnya adalah guru untuk di lihat rapor guru, mulai saat pelatihan nasional guru inti hingga guru sasaran.

Baca selengkapnya »