Topic

Topic Archives: Kesombongan

Monster Sombong

Sombong adalah sifat di mana seseorang merasa lebih dibandingkan dengan yang lain, entah itu pada harta, pada ilmu, atau pun pada status sosialnya. Sifat ini akan menutup hatinya dari segala bentuk nasihat, padahal manusia itu buta tanpa nasihat. Sombong akan menjauhkan seseorang dari rasa syukur, karena dia merasa apa yang dia punya tidaklah mampu memuaskannya, dia haus akan sesuatu yang lebih, dan menggunakan apa pun agar mendapatkannya. Sombong akan membuat seseorang itu gampang sekali meremehkan orang lain, terkadang perbuatan atau perkataan orang yang sombong bisa menyakiti hati lawan bicaranya. Seolah-olah dialah yang paling benar, paling berhak, dan paling menguasai suatu hal.

Baca selengkapnya »

Rusa yang Sombong

Lebah menawarkan sebuah perjanjian dengan Koko. Dengan nada suara rendah iapun berkata, “Aku minta maaf, aku minta maaf. Dan aku akan minta maaf kepada mereka.” Lalu Lebah memanggil Pak Kerbau, Pak Domba, Pak Kancil, Bu Ayam dan Bu Pipit. Kemudian Koko minta maaf kepada mereka semua. Setelah itu mereka membantunya melepaskan tanduknya dari jeratan pohon beringin tersebut. Akhirnya Koko pun sekarang sudah berubah menjadi Rusa yang baik dan suka menolong.

Baca selengkapnya »

“Maaf Bu, Kita Masih di Lift..”

Merasa paling benar. Merasa paling hebat pandangannya. Merasa paling layak mengkritik. Merasa paling baik ilmunya. Merasa paling hebat amalnya. Semuanya mengacu pada rasa keakuan diri yang over dosis. Tak pernah mau menyadari, bahwa diri sendiri yang sebenarnya banyak kekurangan. Tak pernah berusaha untuk sadar, bahwa diri sendiri banyak melakukan kesalahan.

Baca selengkapnya »

Sombong dan Pandangan Digital-Analog

Banyak yang tidak tepat dalam mendefinisikan kesombongan. Bahkan ada yang main pukul rata bahwa orang yang kaya pasti sombong atau orang yang pakai mobil bagus pasti sombong. Definisi yang benar tentang sombong adalah seperti yang disampaikan Rasulullah SAW bahwa orang yang sombong adalah: (1) menolak kebenaran, (2) meremehkan orang lain.

Baca selengkapnya »

Mewaspadai Kesombongan

Betapa licik dan hebatnya setan. Menghembuskan buai-buai kesombongan kepada manusia. Lewat apa saja. Dengan alasan apa saja. Mulai dari ibadah, kepandaian, kekayaan, pekerjaan, ketampanan atau kecantikan, dan pangkat. Seringkali melintas, saat melihat orang lain yang “lebih rendah” dari kita, atau kita “lebih tinggi” dari mereka, ada semacam kekaguman dalam diri.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization