Topic Archives: Kepenulisan

Menulis Artikel di Media Massa

So, buat kamu yang hobi nulis baca jangan ragu-ragu buat nulis di media massa. Percaya diri apa yang kamu tulis. Jangan sampai karya mu hanya tersimpan di laptop dan gadget mu saja. Yuk mulai nulis! Biar ranah dakwah kita semakin luas lagi. Niatkan menulis untuk berdakwah. Keep Writing.

Baca selengkapnya »

Mengapa Saya Harus Menulis?

Melihat kilas balik diatas. Membuat saya semakin bergetar dan semakin termotivasi. Bahwa saya tidak boleh berhenti menulis. Karena dengan satu tulisan saja, bisa sampai kemana-mana. Sebagai aktivis dakwah kampus. Dakwah bukan hanya di kampus saja, namun harus sampai kemana-mana. Dengan keterbatasan interaksi langsung dengan masyarkat. Tulisan kita yakin sampai pada mereka yang membutuhkan. Keep writting.

Baca selengkapnya »

Menulis dan Tanggung Jawab Ilmu

Menulis merupakan satu kegiatan keilmuan yang paling baik untuk mengembangkan ilmu yang kita miliki. Dengan menulis kita bisa menyampaikan berbagai informasi, perasaan, dan gagasan secara nyata sehingga bisa dilihat dan diketahui oleh khalayak umum. Namun, bagaimana apabila paradigma menulis telah dilandasi oleh kepentingan-kepentingan materi?

Baca selengkapnya »

Wahai Para Penulis, Berterima Kasihlah Kepada Muhammadiyah!

Membaca dan menulis, membuka cakrawala pengetahuan, kemudian berbuah pada kemerdekaan yang kini kita nikmati, meski belum sempurna. Namun yang tidak boleh kita lupakan adalah tunas dari itu semua, gerakan pembaharuan Islam yang membuka sebuah kesadaran bagi bangsa ini untuk belajar. Salah satu pemimpin besar Muhammadiyah, Buya Hamka, adalah juga seorang penulis yang cukup produktif.

Baca selengkapnya »

Berbagai Jiwa Dalam Satu Tubuh, Itulah Penulis

Interaksi antar penulis diyakini merupakan suatu langkah yang manjur bagi seorang penulis pemula seperti saya selain itu agar jiwa menulis seseorang tidak tiba-tiba mandul. Karena sering kita temukan para kader penulis yang loyo di tengah jalan dan penyebabnya dikarenakan tulisan mereka belum bisa tembus dalam media massa selain itu ada juga yang sudah merasa puas dengan hasil tulisannya.

Baca selengkapnya »

Bukalah Jendela Bahagia dengan Menulis

Menulis itu adalah kemampuan bertutur. Bagaimana cara kita bertutur, itu terserah kita, karena kitalah yang berhak menentukan, bukan menjiplak model/gaya orang lain. Bagaimana dengan aturan tehnik penulisan? Menulis adalah menuangkan gagasan dan ide, bukan karya ilmiah. Jangan “dipusingkan” dengan aturan –aturan yang akan menghambat kita dalam menulis. Apapun gaya tulisan kita, itulah gaya bertutur kita. Semakin sering kita menulis semakin terbentuk gaya dan ciri dari tulisan kita, tak perlu cemas atau takut mendapat kritik. Karena sejatinya kritik itu adalah obat mujarab yang akan menjadikan hasil tulisan kita bertambah baik.

Baca selengkapnya »

Guru Harus Bisa Menulis

Tulisan merupakan warisan intelektual yang berguna bagi generasi berikutnya. Ketahuilah bahwa banyak orang yang terkenal hari ini yang sudah tiada dan sudah berkalang tanah. Namun nama dan jasanya masih terkenang sepanjang masa sampai dunia menutup usia karena dedikasi dan tulisan indah yang terukir dalam lembaran sejarah.

Baca selengkapnya »

Menulis Bersama Allah

Secara umum, manfaat menulis, yaitu mendokumentasikan segala sesuatu agar bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya sehingga tidak hilang. Anak cucu kita masih bisa mempelajari ilmu dan pemikiran-pemikiran yang sudah kita tulis. Dilihat dari segi individu yang menjalaninya, tentunya kegiatan menulis mempunyai manfaat yang sangat positif, di antaranya: menambah wawasan dan mempertajam intelektualitas, menyampaikan informasi kepada orang banyak, penambah penghasilan, dan mengisi waktu luang.

Baca selengkapnya »