Topic Archives: Kepahlawanan

Meretas Cinta Jalan Kepahlawanan

Pada sisi lain, kita harapkan pahlawan yang lahir di tengah rimba jelata adalah mereka yang perbuatan dan kata-katanya seirama dan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan mahkamah publik. Sebab, semua orang ingin menjadi pahlawan, tapi hanya sedikit sekali mereka yang komitmen antara kata dan perbuatan. Akhirnya hanya skala kesadaranlah yang membuat matahari tetap dalam kesadarannya. Bumi setia diinjak-injak kaki-kaki para makhluk Tuhan. Itulah yang disyairkan oleh WS Rendra di tahun 1984 berlokasi di Kota Depok: “Kesadaran Adalah Matahari, Kesabaran adalah Bumi, Keberanian menjadi Cakrawala, dan Perjuangan adalah Pelaksanaan Kata-Kata”.

Baca selengkapnya »

Pahlawan dari Masa ke Masa

Kepahlawanan adalah tentang kepiawaian memimpin, mengemban amanah, dan menegakkan neraca keadilan. Sehingga kegembiraan Umar atas kedatangan Jabalah bin Aiham yang datang dengan pasukan dan segala lambang kebesaran tak membuatnya kagok dan sungkan untuk menyidang raja dari Ghassan tersebut dan mendudukkannya sejajar dengan pria jelata yang mengadu telah di pukul karena tak sengaja menginjak ujung kain mewahnya ketika tawaf.

Baca selengkapnya »

Pahlawan Islam yang Terzhalimi

Barbarossa adalah mujahid Islam yang melindungi wilayah Islam dari jalur laut. Yang mana setiap ada kapal dari pihak musuh yang lewat meraka harus membayar pajaknya untuk diserahkan kepada pemerintahan Islam. Barbarossa pernah mengalahkan ribuan kapal perang milik musuh dengan ijin dari Allah swt, padahal saat itu pasukan perang musuh dipimpin oleh seorang jendral perang angkatan laut eropa yang legendaris, dan pasukan kapal Barbarossa sangat itu berjumlah ratusan saja.

Baca selengkapnya »

Guruku Pahlawanku

Jauh dari kata sejahtera, ‘pahlawan tanpa tanda jasa’ ini mesti menggadaikan profesi gurunya untuk menyambung hidup. Banyak kita dapatkan, seseorang guru dari pagi hingga siang hari berprofesi sebagai guru, namun setelah itu berprofesi lain untuk menyambung hidupnya. Sementara, seharusnya profesi guru merupakan profesi yang paling tinggi dan mulia dibandingkan profesi lainnya, karena merupakan pilar utama dari segala aspek. Namun, kenyataannya lain, guru hanya sebatas guru belaka, tak dilirik sedikitpun untuk sejahtera.

Baca selengkapnya »

Menjelma Pahlawan Ala Ibrahim AS

Di titik inilah relevansi itu nyata adanya untuk kita. Kita seringkali mendambakan perubahan ke arah yang lebih baik untuk negeri ini, tapi sejatinya kita melupakan bahwa Allah-lah yang berhak menentukan kejayaan itu tergulirkan di negeri ini atau tidak. Dan Allah memberikan syarat sederhana bagi mereka yang menginginkan hal itu, sesederhana yang Ibrahim AS contohkan kepada kita, namun konsekwensi logisnya begitu dahsyat. Yakni, perubahan besar hanya diperuntukan bagi mereka yang berani berkorban dengan besar pula.

Baca selengkapnya »

Pahlawan itu Adalah Aku, Kau dan Kita Semua

Kita bisa menjadi seorang pahlawan dengan mengambil peran besar di mana tidak banyak orang yang mau mengambil peran itu. Seorang pahwalan adalah orang yang waktunya disibukan untuk melakukan hal-hal besar dan tidak gampang menyerah dengan segala tantangan yang ada. Mulai sekarang kita persepsikan dalam diri, bahwa kita akan memanfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal besar yang memberikan kebermanfaatan luas kepada orang lain. Hingga tidak ada waktu bagi kita untuk bersantai.

Baca selengkapnya »

Gelorakan Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia yang Lebih Baik dan Bermartabat

Melalui kisah-kisah kepahlawanan masa lalu, kita bisa memahami arti ketulusan, keberanian, dan pengorbanan. Melalui kisah-kisah tersebut pula kita belajar tentang pentingnya mempunyai cita-cita besar yang akan menjadi bahan bakar atas setiap kerja-kerja pengabdian kita untuk bangsa ini. Mari meluruskan niat, membulatkan tekad, dan menyatukan visi untuk bersama-sama membentuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat, yang bebas dari ketertindasan, yang menjadi milik kita bersama seutuhnya.

Baca selengkapnya »

Menakar Kepahlawanan Kita

Kita harus kembali menelusuri sejarah panjang perjuangan bangsa ini..Bagaimana perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Luar biasa! Mereka telah mempersembahkan sesuatu yang indah dan sangat berharga buat negeri tercinta ini yang telah kita nikmati. Nah, kini tinggal peran dan kerja nyata kita dalam melanjutkan perjuangan mereka dengan membangun negeri menuju kemerdekaan yang hakiki.

Baca selengkapnya »
Organization