Topic

Topic Archives: kenaikan kelas

Tak Naik Kelas, Pangkal Keluar Sekolah

Aku sadar betul bahwa sekolah bukan hanya bertujuan menjadikan anak pandai membaca. Sekolah selayaknya dapat menjadi wadah bagi anak belajar soal nilai-nilai hidup dan bagaimana menyiapkan bekal untuk menghadapinya. Benar, bukan hanya soal membaca saja. Tapi banyak hal lain. Kabar buruknya, kemampuan membaca menjadi syarat utama bagi anak-anak untuk mengetahui dan menguasai pelajaran lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika siswa tak dapat membaca, maka siswa tidak akan dapat mengikuti pelajaran apa pun dengan baik. Jadi, harus bagaimanalah ini? Tidak dinaikkan, anak keluar sekolah. Tapi jika dinaikkan, siswa akan mengalami kesulitan belajar yang lebih parah.

Baca selengkapnya »

Fenomena Tak Naik Kelas

Fenomena tak naik kelas memang menjadi beban bagiku. Sebagai seorang guru, ketidaknaikan berarti kegagalan. Ketidaknaikan juga menjadi beban saat melihat raut kecewa anak-anak. Dan menjadi beban lebih berat ketika ketidaknaikan menjadi alasan anak-anak memilih putus sekolah. Tapi, aku masih menunggu Endang, Riki dan Spenser di tahun ajaran baru.

Baca selengkapnya »

Kenaikan Kelas di Ujung Kulon

Begitu banyak keistimewaan acara kenaikan di tanah pengabdianku, tradisi sunda yang penuh dengan kebersamaan patut dijadikan contoh. Namun ada juga beberapa tradisi di atas yang sangat membutuhkan jawaban dan penjelasan. Agar setiap yang dilakukan menyimpan makna yang bermanfaat tidak hanya sekedar tradisi turun-temurun yang menjadi soal tanpa jawaban saat dipertanyakan.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization