Topic Archives: Kemiskinan

Nasi untuk Endang

Aku mengangguk. Mataku berbinar. Meski tubuh Endang mulai mengecil, kulihat kemauan belajarnya semakin besar. “Kamu memang pintar dan rajin.” “Kapan kita akan makan bersama lagi di kelas Bu?” “Nanti, kalau ibu sudah bisa menyiapkan nasi untukmu dan untuk Riki” Endang berlalu, dan siang ini terasa sejuk meski matahari begitu terik.

Baca selengkapnya »

“Karena Dana yang Terkumpul Masih Sangat Sedikit, ZISWAF Belum Atasi Kemiskinan”

Menurut Direktur IMZ, Nana Mintarti, penyebab belum mampunya zakat, infaq, sedekah dan wakaf (Ziswaf) membiayai pengentasan kemiskinan karena dana yang terkumpul masih sangat sedikit. Dari data pengumpulan ziswaf selama satu tahun, jumlahnya hanya sekitar Rp 1,2 triliun. Jumlah itu praktis hanya menyumbang sekitar 2,7 persen dari anggaran pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan sebesar Rp 43 triliun.

Baca selengkapnya »

Lady Gaga dan Fenomena Kemiskinan di Indonesia

Baru-baru ini di seluruh media massa, baik cetak maupun elektronik mengangkat berita tentang akan datangnya artis kontroversial dari Amerika Serikat yang dikenal dengan nama Lady Gaga dengan julukannya Mother Monster. Beragam reaksi datang dari berbagai lapisan masyarakat, ada yang pro dan ada juga yang kontra. Bagi mereka yang pro menganggap kedatangan Lady Gaga ke Indonesia untuk mengadakan konser akbarnya, adalah sebagai bentuk ekspresi kebebasan dan hiburan bagi para penggemarnya.

Baca selengkapnya »