Topic Archives: Kemerdekaan RI

Menanamkan Kembali Nasionalisme Pada Generasi Muda

Sejarah mencatat dengan tinta emas tentang kepeloporan dan peran aktif pemuda atau generasi muda dalam menghadapi setiap penjajahan dan penindasan. Pikiran yang jernih, tekad yang kuat dan semangat yang membara menjadikan pemuda berada pada front terdepan dalam setiap aksi menentang kezaliman dan penindasan. Ketika Rasulullah Saw mengemban risalah dakwah, “memerdekakan” umat dari belenggu kesesatan dan rantai kebodohan, beliau juga dalam usia muda. Sahabat setia (Assabiqunal Awalun) yang turut dalam gerakan pembaharuan (reformasi) yang dipimpin Rasulullah Saw, juga berusia muda bahkan Ali Bin Abi Thalib pada waktu itu berusia belasan tahun.

Baca selengkapnya »

(Foto) Upacara HUT RI di Sumbar: Irwan Prayitno Serukan Generasi Muda untuk Belajar Sungguh-Sungguh

"Bagi generasi muda siapkan diri untuk belajar dengan sungguh-sungguh serta kerja keras, insya Allah akan menjadi pemimpin-pemimpin yang akan mengisi kemerdekaan dengan baik. Untuk para pejuang yang telah berjuang dan mengorbankan seluruhnya, kita doakan agar mendapat tempat yang layak di akhirat," ungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Baca selengkapnya »

Sejenak Bersama Bulan dan Bahtera Negeri

Seorang nakhoda sebuah kapal berdecak kagum, sebuah panorama yang unik tengah disaksikannya, bulan tetap terang benderang menjelang pagi hari. Bulan tampak begitu bercahaya meskipun rona fajar menyebarkan warna merah, mengkonfigurasi warna biru pada langit pagi. Karena mendapat asupan cahaya dari matahari, bulan pun tetap memancarkan pesonanya walaupun matahari sebentar lagi akan terbit.

Baca selengkapnya »

69 Tahun Indonesia, Merdekakan Muslimah Bali Dalam Menjalankan Keyakinannya

Momentum ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 69 ini menjadi momentum untuk memerdekakan pelajar muslimah agar mereka bisa merdeka dalam menjalankan keyakinannya walaupun berada di daerah minoritas. Karena terkesan, muslim dituntut toleran ketika mereka mayoritas, namun ketika mereka minoritas hak mereka dibatasi. Indonesia harus menjadi negara yang mengayomi tanpa diskriminasi.

Baca selengkapnya »

Fakta Sejarah: Yang Pertama Akui RI Merdeka Bukan Vatikan, Tapi Mesir, Suriah, Lebanon, dan Irak

Berdasarkan penelusuran literatur sejarah, negara pertama yang mengakui kemederkaan Republik Indonesia adalah Mesir, bukan Vatikan. Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan RI pada 22 Maret 1946 disusul oleh Liga Arab (Arab Saudi, Qatar, dan lain-lain) pada 18 November 1946. Setelah itu diikuti Suriah pada 3 Juli 1947, Lebanon dan Irak pada 9 Juli 1947.

Baca selengkapnya »
Organization