Topic Archives: Keluarga

Mari Bermain Bersama Anak

Memposisikan anak sesuai dengan kondisi perkembangan perilakunya. Memperhatikan kebutuhan dan kecenderungan minat keahliannya. Mencermati perilaku keseharian dan perubahan kecil yang mungkin terjadi. Ini semua penting, agar orang tua bisa mengambil sikap yang tepat , baik cara ataupun waktunya, jika ada hal hal kurang menyenangkan yang terjadi pada anak. Mendekatkan diri kepada anak dengan cara bermain bersamanya sesuai usia anak, adalah salah satu cara yang cukup efektif.

Baca selengkapnya »

Bagaimana Mengatasi Anak yang Membangkang?

Secara umum, menanamkan pemahaman yang baik kepada anak tentang kebaikan kebaikan dan serta balasan balasan bagi anak yang mau bersikap patuh pada aturan adalah cara tepat untuk membuat anak tidak membangkang. Dahulukan kabar baik dan penghargaan pada anak yang berbuat baik dan patuh, dan bukan mendahulukan ancaman dan hukuman pada anak yang membangkang. Rasul bersabda : “ Berilah kabar gembira dan jangan menakuti”

Baca selengkapnya »

Kenali Intervensi Pihak Ketiga

Ketika ayah dan ibu sudah sepakat satu kata dalam satu hal, seringkali pihak ketiga datang seolah-olah menjadi juru penyelamat bagi si anak. Momen ketika anak melakukan kesalahan, ia akan berlindung dan mencari perhatian kepada kakek, nenek, om atau tantenya. Sehingga orang tua seakan-akan berada di pihak yang salah.Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat mengenai aturan yang telah disepakati antara kita dan anak-anak.

Baca selengkapnya »

Taman Itu Bernama Keluarga

Ya.. selalu ada ruang untuk bahagia, selalu ada ruang untuk bersyukur... selalu ada ruang untuk bermekaran bunga bunga indah dalam taman rumah tangga. Bersyukur.. bersabar selalu silih berganti menjadi hiasan indah dalam kehidupan seorang muslim. Semoga hikmah menghadirkan semangat antusiasme menatap hidup bagi siapapun yang membaca. Semoga taman ini selalu indah bermekaran bunga-bunga. Baiti jannati.. Ya Rabbi.. karuniakan kepada kami pasangan hidup dan keturunan yang senantiasa menjadi penyejuk mata bagi kami. Dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang –orang yang bertakwa. Ya Rabbi .. jadikan kami hamba yang senantiasa menegakkan shalat, beserta seluruh anak keturunan kami.

Baca selengkapnya »

Keluarga, Laboratorium Kepemimpinan

Liburan semester kemarin, mengajarkan kami untuk lebih bijak menjadi orang tua. Semua anak-anak berkumpul, dalam waktu yang bersamaan. Di hari-hari biasa, separuh dari anak-anak kami tinggal di asrama dan pesantren, separuh yang kecil ada di rumah bersama kami. Liburan-liburan sebelumnya, kadang tidak dalam waktu yang bersamaan, ada selisih hari masuk dan hari libur.

Baca selengkapnya »
Organization