Topic Archives: Keikhlasan

Berlatih Ikhlas

Ulama mengatakan, puasa menjadi satu-satunya ibadah yang tidak bisa dilakukan oleh orang-orang musyrik untuk pura-pura mendekatkan diri pada Allah SWT. Agar dilihat manusia, mereka bisa pura-pura shalat, zakat, haji bahkan berjihad, tetapi mereka tak pernah bisa berpura-pura puasa sebab hanya Allah-lah yang menilainya.

Baca selengkapnya »

Keikhlasan Seorang Ayah

Pergi pagi pulang petang, hingga harus berada jauh dari sisi keluarga rela dilakukan oleh ayah untuk menafkahi serta memperjuangkan kehidupan keluarganya. Tak pernah sekalipun terdengar kata keluhan terucap dari bibirnya. Bahkan kata rindu pun tak ia ucapkan secara gamblang, ia hanya menyiratkan kerinduannya lewat kalimat yang biasa ia ucapkan, ia hanya menyiratkannya dengan tindak tanduknya.

Baca selengkapnya »

Beramal untuk Siapa?

Karena kita diperintahkan untuk beramal dengan upaya terbaik namun amal pun tiada dapat menjamin keridhoan Allah atas diri kita. Maka pastikan kejujuran hati dan kekuatan iman tertanam dalam-dalam di hati kita. Ini juga salah satunya mengapa Allah memerintahkan kita untuk senantiasa bermuhasabah atau mengevaluasi diri. Agar ketika menyadari penyakit hati telah datang sembunyi-sembunyi, kita dapat segera beristighfar, bertaubat, dan kembali lagi pada Allah. Karena siapa lagi yang dapat menjamin diri kita selain Allah Azza wa Jalla?

Baca selengkapnya »

Bukan Sekedar Lafazh Lillahi Ta’ala

Ketika seseorang terbentur dengan sesuatu yang terpelik dalam hidupnya, maka ia akan mempertanyakan untuk apa dan siapakah semuanya? Untuk apa dan siapa hidupnya? Manusia akan menjumpai satu titik di mana jiwanya terasa sesak terhimpit seolah tak ada oksigen yang berikannya ruang untuk bernafas. Dan titik itulah yang membuat banyak jiwa melayang, karena tak sanggup dengan kepenatan hidup.

Baca selengkapnya »

Mereka yang Katanya Ikhlas Beramal

Hari ini ingin aku kabarkan pada mereka.. Bahwa ikhlas beramal itu… Bukan Karena kalian menerima penghasilan yang kecil dari mengajar… Tapi ikhlas beramal itu….. Walau menerima gaji kecil tetap bersemangat masuk kelas Walau menerima gaji kecil berangkat pagi-pagi bukan karena finger print Walau menerima gaji kecil mendidiklah dengan benar

Baca selengkapnya »

Jika Ingin Diberi

Jadi, berharaplah hanya kepada Allah. Dan jadikanlah Allah alasan kita melakukan segalanya. Walaupun itu hanya tersenyum kepada sesama. Jika tersenyum saja Allah memberikan pahala kepada kita, apalagi sesuatu yang lebih dari hanya sekedar tersenyum. Tapi manusia itu memang tidak ada yang sempurna. Jika saat ini kita belum tulus dan ikhlas melakukan sesuatu apapun, marilah kita belajar melakukan hal itu dengan alasan Allah. Karena Allah akan membalas segalanya.

Baca selengkapnya »

Qurban dan Keikhlasan

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kalianlah yang dapat mencapai-Nya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kalian supaya kalian mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kalian. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”, (Q.S Al Hajj: 37). Dalam menyampaikan nilai qurban kepada Allah adalah nilai ikhlas dan takwa seseorang, bukan apa yang telah ia qurbankan, sehingga seorang yang berqurban seekor kambing akan sama nilainya dengan orang yang berqurban unta, bila sama-sama memiliki keikhlasan yang sama.

Baca selengkapnya »

Ciri dan Buah Keikhlasan

Alangkah indahnya insan yang selalu terbalut dalam keikhlasan. Hari-harinya penuh dengan taburan bunga yang bermekaran. Suasana harinya selalu cerah, bagai berjalan di taman-taman surga. Bahkan, kerjanya telah terkonversikan menjadi permainan menyenangkan. Dan buah terbaik dari semakin ikhlasnya manusia menjalani hari, ialah hubungan dengan Allah yang semakin mesra.

Baca selengkapnya »
Organization