Topic

Topic Archives: Keguruan

Jadilah Guru yang Berkarakter

Di sinilah urgensi melahirkan guru-guru berkualitas, guru yang mampu membangkitkan semangat besar dalam diri anak untuk menjadi aktor perubahan peradaban dunia dan guru yang mampu menjadi uswah bagi para muridnya. Karena sekali lagi bahwa tujuan pendidikan bukan hanya sekedar cerdas intelektualnya tapi jauh lebih penting dari itu, yakni perubahan perilaku yang baik. Berikut ini 11 karakteristik yang seharusnya dimiliki oleh guru:

Baca selengkapnya »

Guru yang Berhati Guru

Buku ini bukan hanya sekedar memaparkan informasi biasa, namun dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Quran di dalamnya serta kisah-kisah yang berhubungan dengan materi. Najib Sulhan dalam menulis buku ini menggali Al-Quran sebagai dasar penulisan. Adanya gagasan baru menarik untuk dijadikan referensi oleh guru-guru Indonesia. Namun judul guru yang berhati guru ini tidak kita temukan dalam bab pembahasan maupun sub bab bahasan, saya menilai penulis membuat judul yang menarik sehingga membuat orang lain penasaran terhadap isi tulisan buku ini. Buku ini ditutup sedikit ulasan dari guru besar fakultas kedokteran UNAIR selaku ketua umum masyarakat Neurosain Indonesia.

Baca selengkapnya »

Kemuliaan Seorang Pengajar Kebaikan (Selamat Hari Guru Nasional)

Jika prasyarakat kebaikan dipenuhi oleh seorang guru sebagai materi yang diajarkan, maka ganjaran kebaikan yang tak terputus akan menjadi sumber kebahagiaan saat berjumpa dengan Allah. Di sinilah peluang besar bagi seorang pengajar kebaikan agar usia amal sholehnya lebih panjang dari usia biologisnya. Tidak mustahil para pengajar kebaikan yang berusia 60 atau 70 memiliki usia amal shaleh hingga ratusan tahun bahkan ribuan tahun, melebihi usia biologis umat-umat terdahulu. Semoga Allah memberikan kemuliaan dan kebahagiaan bagi para guru dalam kehidupan dunia dan akhiratnya.

Baca selengkapnya »

Guru dalam Amanah Keprofesiannya

Sehingga untuk memutus masalah ini, harus ada kejelasan aturan atau prosedur dari pemerintah yang mengatur mekanisme pemberian sanksi terhadap peserta didik. Aturan yang juga memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga ketika ada oknum guru yang terlibat ketidakdisiplinan dalam tugasnya, maka akan ditindak sesuai prosedur yang ada. Tidak lagi tersandera oleh undang-undang perlindungan anak. Sebab generasi kita butuh pertahanan yang kuat dalam menghadapi pola hidup di era globalisasi saat ini. Sedangkan pertahanan tersebut bisa dibangun oleh guru sebagai pelaku utama pendidikan di sekolah lewat pembudayaan nilai-nilai yang dianut oleh sekolah.

Baca selengkapnya »

Guru Persimpangan Jalan

Dari ketiga amanah di atas apakah kita sebagai guru sudah melaksanakannya dengan baik dan benar? Apakah kita sudah menjadi guru yang mendidik dan mengajar dengan rasa penuh tanggung jawab atas amanah yang telah diberikan? Lantas siapakah sebenarnya yang telah memberikan amanah kita menjadi seorang guru? Apakah instansi, seperti pemerintah, PGRI, atau sekolah?

Baca selengkapnya »

Menjadi Guru yang Dirindukan

Jika kita telah menjadi sosok yang dirindukan anak didik, maka proses mengajar dan mendidik pun terasa lebih harmonis lebih dari sebuah rutinitas menggugurkan kewajiban pertemuan di kelas semata. Tidak hanya pelajaran yang disampaikan diterima dengan penuh antusias, tapi hal-hal positif berkaitan pembentukan karakter pun akan diteladani oleh mereka. Semoga kita semua bisa menjadi sosok guru yang dirindukan dan membawa perubahan baik dari segi akademis maupun karakter anak-anak-anak didik kita. Amin.

Baca selengkapnya »

Guru Cilik dari Ujung Kulon

Sangat disayangkan jika potensi yang dimilikinya harus berakhir sampai dibangku MI, setelah menamatkan MI ia punya keinginan untuk melajutkan pendidikannya ke SMP hingga jejang pendidikan tinggi, namun keinginannya berbeda dengan keinginan orangtuanya, ia ingin dimasukkan ke pesantren yang hanya bergelut dengan kitab kuning yang menurutnya pengetahuannya hanya akan sebatas itu saja yaitu sebatas ilmu yang diajarkan di lingkungan pesantren, lalu bagaimana dengan cita-cita yang ia semai dari dulu akankah kandas sampai disitu? Inilah yang tidak diharapkan namun tidak banyak yang bisa ia lakukan kecuali hanya menuruti keinginan orang tuanya itu.

Baca selengkapnya »

Guru yang Tak Putus Asa

Pak Ajum sebagai sosok yang bersahaja dan ramah terhadap siapa saja yang ada di sekitarnya. Saya bangga bisa berjumpa dengan sosok warga seperti pak Ajum ini. Penuh inspiratif dan menginspirasi. Terima kasih telah menjadi keluarga baruku di daerah penempatan. Setahun bukanlah waktu yang singkat untuk saling mengenal. Namun, itu cukup membuatku merasa bangga bisa berkenalan dengan pak Ajum. Guru yang tak kenal kata putus asa.

Baca selengkapnya »

Jangan Tinggalkan Kami Bu Guru

“Kenapa nangis sih, sayang?” tanyaku penasaran. “Aku sedih, ibu sebentar lagi gak di sini. Ibu guru, jangan tinggalkan kami.” jawabnya sambil menangis. “Ibu guru jangan pergi, nanti gak ada yang ajari kami lagi.” lanjutnya sambil menangis. Aku hanya bisa terdiam membisu. Tanpa kata, hanya bisa terharu melihat anak ini menangis. Terimakasih anak-anak, semoga di lain waktu kita akan bertemu kembali.[]

Baca selengkapnya »

Andai Kami Tahu

“Sudah, Sudah, kok nangis sih nak?, Setiap ada pertemuan, pasti ada perpisahan, semua sudah Allah takdirkan untuk kita. Ibu bertemu kalian ini juga sudah rencana Allah. Ibu juga dulu tidak pernah menyangka bakal dapat ditempatkan di Pandeglang ini. Kalian semua akan menjadi kenangan terindah dalam hidup Ibu.” Jelasku. Seandainya kalian tahu perasaanku saat ini. Pasti kalian juga tambah sedih, karena kalian sudah menjadi bagian dari hidupku

Baca selengkapnya »
Figure
Organization