Topic Archives: Kaderisasi

Mata Dakwah, Mata Kaderisasi

Mata dakwah kita, selalu melihat dari sudut bagaimana dakwah bisa kita sampaikan kepada orang lain. Mata dakwah, selalu memandang dari arah bagaimana bisa menjalin komunikasi dengan orang lain, agar bisa memiliki keimanan lebih baik. Mata dakwah kita adalah mata kaderisasi, yang merupakan cermin dari keyakinan hati dan pikiran kita, selalu mencari celah untuk bisa masuk ke dalam hati banyak orang, dan menjadikan mereka bagian dari barisan keimanan yang kuat, dan terkader untuk memperkuat pengaruh dakwah di masyarakat.

Baca selengkapnya »

Bukti Kematangan Kaderisasi

Sekali lagi, kita dikejutkan dengan pergantian kepengurusan di dalam PKS, mulai dari pimpinan Majelis Syuro (jabatan tertinggi di PKS) sampai ke Presiden. Kita tidak mendengarkan riak rebutan jabatan ataupun sekadar perselisihan. Itu semua hasil kerja kaderisasi yang matang dan istiqomah. Sang penguasa juga tidak berani mengusik karena dia paham betul kalau PKS tidak bisa diinterpensi dari dalam, dia hanya bisa dihancurkan melalui citra walaupun terkadang dengan kasus yang terlihat dipaksakan. Belajar lah dari PKS bagaimana menghilangkan riak perselisihan dan rebutan jabatan.

Baca selengkapnya »

Melahirkan Generasi Terbaik dari Rahim Kaderisasi

Bagi seorang kaderisator, peran dai ini harusnya senatiasa melekat dan ia kolaborasikan dalam kerja lembaganya. Maka pada akhirnya seorang kaderisaator akan sadar tanggung jawabnya untuk mengajak target kadernya menjadi pribadi yang lebih baik melalui gerak dakwahnya sekaligus gerak kaderisasinya. Terjadi peningkatan kualitas kader dapat dirasakan baik dari segi manajerial lembaga, soft skill, dan yang terpenting dari segi kualitas keimanan.

Baca selengkapnya »

Terhentinya Laju Kaderisasi Dakwah (Bagian ke-2)

Stagnan atau berguguran, bisa bermakna seleksi bagi orang-orang yang terpilih, tetapi bisa juga bermakna pupusnya suatu cita. Antara terpilih dari suatu rangkaian ujian, tenggelam di dalamnya, atau masih menunggu. Antara terwujudnya buah-buah kemenangan sempurna atau tumbang dalam kekalahan sempurna, atau jika harus memberikan estafet. Harus terus ada suplai energi untuk menjaga keberlangsungannya, yang mungkin tak selesai dalam satu kurun. Untuk tegaknya sebuah pokok, jikapun tidak, untuk terjaganya sebuah benih, untuk keberlangsungan sebuah regenerasi, ketika masih harus menempuh perjalanan panjang sampai batas zaman.

Baca selengkapnya »

Terhentinya Laju Kaderisasi Dakwah (Bagian ke-1)

Mewujudkan agenda-agenda dakwah, pasti akan bersinggungan dengan problematika dunia yang tak sederhana. Tak lagi bisa mengandalkan spontanitas, tak hanya asal-asalan. Dibutuhkan langkah yang terarah, terukur dan profesional. Menghadapi keterbatasan diperlukan siasat, membutuhkan terobosan yang sesuai dengan tantangan dan bahkan ketika harus menyiasati kemustahilan.

Baca selengkapnya »

Sistem Kaderisasi dalam Sirah Nabawiyah

Pertarungan antara kebaikan dan keburukan akan terus berlangsung hingga akhir zaman. Karena memang seperti itulah tabiat kehidupan yang sudah Allah ciptakan. Sehingga, sebagai seorang muslim, kita harus menyadari betul akan hal ini. Dan, bersungguh-sungguh agar terus menerus berada dalam kebaikan, hingga ajal menjemput kita.

Baca selengkapnya »
Organization