Topic Archives: Kader dakwah

Membangun Cita Kader Dakwah Unggulan

Begitulah cita-cita membangun kader dakwah unggulan, prosesnya panjang dan berliku. Tapi jika kita lihat produknya, maka kita akan melihat banyak keteladanan. Jika berbicara ilmu, kita akan menemukan Ali bin Abi Thalib dan Umar bin Khattab. Bila kita berbicara tentang kedermawanan, kita akan menemukan Abdurrahman bin Auf dan Ustman bin Affan. Bila kita berbicara tentang dunia intelijen, maka kita akan menemui Hudzaifah bin Yaman. Bila kita berbicara mengenai ahli strategi dan peperangan, maka kita akan menemui Sa’ad bin Abi Waqash dan Qais bin Sa’ad. Dan berbagai keahlian lainnya. Mereka semua dirangkai sedemikian rupa, hingga terintegrasi kedalam sebuah kekuatan kelompok yang solid dan kokoh.

Baca selengkapnya »

Membangun Komitmen Kader Dakwah Tarbiyah

Keteladanan untuk rakyat di seluruh dunia, yang berperan besar dalam perealisasian kebangkitan umat Islam. Ustadziyatul alam ini juga dekat maknanya dengan kepemimpinan. Dan semua hal itu dapat tercapai, jika setiap mihwar dapat diselesaikan secara baik. Sehingga Ustadziyatul alam yang tercipta nanti, adalah kepemimpinan yang adil dan sejahtera. Dan hal ini dapat dibangun, dengan cara mempersiapkan kader dakwah muda yang unggul. Sabab alyaum, wa rijalul ghod (Pemuda saat ini, adalah pemimpin di masa depan).

Baca selengkapnya »

Aku Tidak Lahir Dari Keluarga Kader Dakwah

Inilah dakwah, inilah tarbiyah, mampu melahirkan kader-kader dakwah bukan dari keluarga dakwah. Mereka hadir untuk mengejawantahkan tarbiyah menjadi dakwah yang dapat disukai oleh semua orang. Mengubah orang yang ragu menjadi yakin, mengubah orang yang oportunis menjadi ikhlas, dan mengubah orang yang arogan menjadi lembut. Besyukurlah bagi mereka yang bukan dibesarkan dari keluarga kader dakwah, namun mampu menjadi kader dakwah, karena Allah mencintainya.

Baca selengkapnya »

Membangun Kader Dakwah Militan

Berkorban di jalan Allah adalah mengembalikan sesuatu ke tempat asalnya, tempat yang seharusnya ia berasal. Tujuan pengembaliannya tak lain dan tak bukan adalah Allah semata. Misalnya saja kita menginfakkan harta kita. Maka sejatinya kita sedang mengembalikan harta yang Allah titipkan ke kita. Sama hal nya dengan waktu dan tenaga yang kita miliki. Segala ilmu, waktu, dan tenaga yang kita miliki semuanya milik Allah dan kita wajib mengembalikannya. Dan cara paling tepat untuk melakukannya adalah dengan mendakwahkannya.

Baca selengkapnya »

Refleksi Kebanggaan Menjadi Kader Dakwah

Dalam perjalanannya, dakwah ini senantiasa berusaha menembus ranah realisasi ide dan cita yang terkadang melelahkan. Tak jarang mengendurkan semangat dan konsistensi kita untuk tetap berlari. Tidak ada pilihan lain untuk kita selain berusaha banyak bercermin dan mengevaluasi diri. Mengoreksi kebanggaan diri yang boleh jadi mengikis dan merusak amal kita tanpa sedikit pun kita sadari...

Baca selengkapnya »

Engkaukah Kader yang Baik Itu?

Kader yang baik itu adalah yang paham dengan konsep aqidah Islamiyah yang syumul wa mutakamil, aqidah yang bersih. Kader yang baik itu adalah yang mempunyai ibadah yang benar, bukan sekadar ikut-ikutan tetapi atas pemahaman dan terhindar dari bid’ah dan khurafat. Kader yang baik itu adalah yang memiliki keluhuran akhlaq, keharuman budi pekerti karena didasari oleh kepahaman.

Baca selengkapnya »

Kader Dakwah Itu “Penipu”

"Sejarah telah diwarnai, dipenuhi dan diperkaya oleh orang-orang yang sungguh-sungguh. Bukan oleh orang-orang yang santai, berleha-leha dan berangan-angan. Dunia diisi dan dimenangkan oleh orang-orang yang merealisir cita-cita, harapan dan angan-angan mereka dengan jiddiyah (kesungguh-sungguhan) dan kekuatan tekad" (Alm Ust Rahmat Abdullah)

Baca selengkapnya »

Kader Kue Bolu

Siapa dari kita yang tak tau kue bolu? Cake bahasa keren nya. Pangan ini hamper eksis di tiap kesempatan. Entah itu perayaan suka cita ataupun duka cita. Didukung bahan dan cara buat yang sederhana yang bisa disesuaikan dengan budget si pembuatnya, maka hadirlah ia di berbagai suasana. Seperti hari ini, kue bolu juga bagian dari snack panitia maulid di sekolah.

Baca selengkapnya »

Menjadi Kader Dakwah yang Baik

Menjadi rijalud dakwah (kader dakwah) yang baik bukanlah sebuah hasil, melainkan proses yang perlu selalu diupayakan dengan memperkuat kepemahaman dan kesungguhan dalam beramal. Di antara kader-kader yang baik itu, ada yang menjadi baik dengan kuatnya ibadah yang mereka lakukan; Ada pula baik karena hebat dalam keilmuan; Bahkan ada juga yang baik lantaran ekspansi dakwahnya yang luar biasa. Mereka menjadi baik karena melakukan kebaikan. Itulah bukti baiknya iman mereka.

Baca selengkapnya »

Kader Imun vs Kader Steril

Seorang al-ustadz pernah menyampaikan bahwa “Proses Tarbiyah ini harus bisa menghasilkan kader yang imun bukan sekadar kader yang steril, karena Meningkatkan Imunitas itu sama pentingnya dengan menjaga sterilitas“. Dalam konteks pembinaan, kader yang steril adalah kader yang sudah terbiasa dengan lingkungan yang sudah terjaga, terisolasi dan jauh dari pengaruh lingkungan buruk.

Baca selengkapnya »
Organization