Topic

Topic Archives: Joko Widodo

Menunggu Kebijakan Jokowi

Presiden Joko Widodo diharapkan mampu memberikan solusi terbaik dan tidak gegabah dalam bertindak. Pemetaan dan penelusuran akar permasalahan harus segera dilakukan dengan waktu yang semakin sempit. Salah satu pertimbangan yang dapat menjadi masukan adalah Presiden Joko Widodo harus mampu menyingkirkan interverensi dan kepentingan-kepentingan politik yang justru menjadi tembok penghalang bagi tercapainya solusi tersebut. Presiden Joko Widodo harus mampu berdiri di bawah kaki sendiri (berdikari) secara politik berdasarkan kepentingan besar, yakni kepentingan untuk kebaikan bangsa.

Baca selengkapnya »

Dear Pak Jokowi…

Dulu kau berjanji akan mendengarkan hati rakyat kecil, rakyat pinggiran, rakyat jalanan. Dulu Anda berjanji akan membawa bangsa ini kepada kesejahteraan dan kemakmuran. Lalu apakah dengan naiknya segala harga sandang dan pangan, rakyatmu sejahtera?? Lihatlah sendiri kenyataan yang ada! Mereka lagi-lagi menjerit tercekik. Pikirkanlah Pak Presiden yang kami hormati.

Baca selengkapnya »

Jokowi dan ‘Management by Food’

Sayang sekali ketika pengumuman kenaikan harga BBM yang dilakukan beberapa hari yang lalu, saya seperti tidak melihat esensi management by food ini dipraktekkan dalam pengambilan keputusan itu. Pengumuman terasa begitu mendadak. Saya sendiri tidak dalam posisi menolak atau mendukung kebijakan Jokowi mencabut (sebagian) subsidi BBM, karena pro dan kontra terkait isu ini tentu memiliki rasionalisasinya sendiri.

Baca selengkapnya »

Mungkinkah Jokowi Bubarkan Parlemen?

Dalam sejarahnya terlihat bahwa Indonesia pernah mengalami masa di mana parlemen memberhentikan Presiden dan begitu juga sebaliknya Presiden membubarkan parlemen. Realitasnya, keberadaan partai oposisi di parlemen tentunya sangat membuat khawatir PDIP. Untuk kurun waktu sejak terpilihnya Jokowi saja hingga saat ini belum dilantik, DPR sudah membuat adrenalin pemerintah naik dengan lolosnya pilkada tidak langsung. Apalagi lima tahun pemerintahan yang akan berjalan, bagaimana bisa sinkron antara pemerintah dan parlemen? Tentunya, hal ini bisa jadi membuat Jokowi dan timnya memutar otak untuk dapat menjalankan pemerintahan dengan tenang tanpa ada “gangguan” dari oposisi.

Baca selengkapnya »

Presiden Setengah Kaki

Akankah kepemimpinan yang dilakoni orang nomor 1 yang didukung partai banteng ini akan berjalan mulus atau akan terbentur oleh kerikil bahkan batu besar parlemen yang justru didominasi oleh partai oposisi? Hanya para pejabat negara kitalah yang mampu menjawab dengan bijak dan dewasa demi sebuah pengharapan yang diberikan jauh sebelum adanya proses demokrasi. Kekuatan Oposisi sangatlah penting dalam membangun bangsa ini sebagai penyeimbang untuk melaksanakan Check And Balances antara eksekutif dan legislatif.

Baca selengkapnya »

Mari Membantu Jokowi

Saya kagum pada beliau. Namun kali ini, langkahnya terlalu dini dan seperti tak berfikir matang. Kasihan beliau. Karena atas apa yang beliau lakukan, beliau membuka pintu bagi saudara-saudara setanah air untuk mencela dan mencari aibnya sampai menciptakan fitnah. Kasihan beliau. Karena apa yang beliau putuskan telah membuka pintu bagi warga DKI mencecarnya. Membuka pintu dosa yang seharusnya tak ada.

Baca selengkapnya »

Pembohongan Publik: Dana “Bayaran” untuk Jokowi

Menyaksikan berita ini, pada awalnya, saya sempat berpikir, alangkah hebatnya Jokowi dan Kalla ini. Bisa menggerakkan hati rakyat Indonesia untuk menyumbangkan secara sukarela dari uang mereka. Betapa mulianya hati para rakyat ini, yang telah ikhlas “berbagi” dengan calon pemimpin yang akan mereka dukung, yang notabene bukanlah orang-orang susah. Bahkan, Capres dan Cawapres pilihan mereka adalah orang-orang yang sangat kaya.

Baca selengkapnya »

Mengkhawatirkan ‘Kelelahan Jokowi’

Pada saat yang sama, Prabowo tampil meyakinkan publik. Prabowo seperti sangat siap luar-dalam untuk menghadapi pertempuran ini. Sikap hormat Prabowo kepada kubu Jokowi pada hari pengambilan nomor itu diberi applause oleh banyak orang. Pidato Prabowo juga mengesankan dirinya sebagai seorang dengan mentalitas negarawan sejati. Paparan visi-misi Prabowo tentang Indonesia masa depan yang bertumpu pada kemandirian ekonomi, pertanian, dan yang lainnya dianggap sebagian kalangan lebih meyakinkan publik.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization