Topic Archives: Istighfar

Istighfar Melapangkan Kesulitan

Mengantar istri terlebih dulu ke stasiun Tangerang, baru melanjutkan perjalanan ke Serang, adalah rutinitas pagiku. Sudah begitu, sejak dua tahun yang lalu. Tapi hari ini berbeda. Bukan hanya karena istriku harus mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional di STIP Pasar Minggu sehingga harus berangkat lebih pagi dari biasanya, tapi karena ada ‘drama’ yang mewarnainya.

Baca selengkapnya »

Beristighfarlah (Bagian ke-2)

Kita tak peduli. Harta dibuang-buang untuk dua-tiga bungkus rokok sehari. Sementara untuk sedekah masih harus berpikir seribu kali. Sudah kebiasaan, alasan kita. Kadung suka, susah berhenti, jawab kita. Ciri lelaki, kata kita. Dan kita semakin asyik tenggelam dalam larangan. Semoga istighfar kita didengar Allah lalu Dia mengampuni. Kemudian Dia membimbing kita untuk selalu peduli dan sensitif dengan berbagai peringatan dan larangan.

Baca selengkapnya »

Beristighfarlah (Bagian ke-1)

Sungguh, banyak peluang kebaikan dan keutamaan yang sebenarnya bisa kita raih. Tapi kita menganggapnya sebagai hal yang biasa saja. Bukan hal yang terlalu hebat dan bergengsi. Sehingga kita menganggapnya bukan jalan menuju kemuliaan. Bukan jalan menuju surga-Nya. Penyepelean kita terhadap keutamaan-keutamaan itu, sesungguhnya adalah kelemahan semangat dan kebodohan. Maka, dengan istighfar, semoga Allah menguatkan semangat dan gairah untuk meraih berbagai keutamaan.

Baca selengkapnya »
Organization