Topic Archives: Islam Nusantara

Islam Nusantara, Niat Hebat nan Rawan Tunggangan

Tidak ada yang salah dengan Islam Nusantara, namun pengaplikasiannya butuh pengawasan yang jeli dan adil. Sehingga tidak lagi terjadi kesalahpahaman di dalam masyarakat. Bukan berarti karena yang melakukan adalah pemerintah maka hal itu sudah pasti benar. Golongan yang mendukung Islam Nusantara harus kritis dan berani dalam menjaga niat baik Islam Nusantara. Agar tidak ditunggangi kepentingan lain yang justru menginginkan perpecahan Islam.

Baca selengkapnya »

Perbedaan Perspektif Terhadap Gagasan Islam Nusantara

Alangkah lebih baiknya Umat Islam lebih membuka sudut pandangnya kembali, jangan sampai perbedaan kita dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang benci dengan Islam seperti JIL(s). Selain itu kita sebagai umat Islam terlebih yang sudah memahami lebih jauh dengan pemahaman keislamannya sudah menjadi keharusan bagi kita untuk melakukan pencerdasan kepada orang-orang di sekitar kita mulai dari keluarga, teman dan masyarakat luas agar tercipta persatuan Umat Islam.

Baca selengkapnya »

Soal Islam Nusantara, Penolakan Mamah Dedeh dan Kritik Untuk Wasekjen PBNU

tidak ada istilah Islam Nusantara tetapi dengan dalil yang digunakan oleh Mamah Dedeh, tidak adanya Islam Nusantara itu ya sama halnya tidak adanya istilah Agama NASAKOM (Nasional Agama Komunis) untuk ulasan NASAKOM dan hubungannya dengan ANUS (Agama Nusantara) Saya sudah tulis dalam Artikel yang berbeda “Dari Soekarno Hingga Jokowi, Reinkarnasi NASAKOM menjadi ANUS”.

Baca selengkapnya »

Jalan Tengah untuk Islam Nusantara

Dengan melihat Islam sebagai sistem bukan sebagai bagian dari tradisi, maka kita sebetulnya tidak lagi memerlukan ide Islam nusantara. Namun, jika tetap keukeh melihat Islam sebagai tradisi, bukan sebagai syariat (sistem), maka ide islam nusantara tidak relevan menjadi sebuah solusi peradaban. Karena Islam tetaplah Islam yang satu dan sempurna. Tidak mungkin jika hanya menghadirkan tradisi untuk mengatasi beragam persoalan yang kompleks.

Baca selengkapnya »

Gagasan Islam Nusantara, Gagasan Pemikiran yang Membingungkan

Setelah pemikiran panjang, penulis menyimpulkan bahwa gagasan model Islam Nusantara adalah gagasan pemikiran orang bingung. Kebingungan yang entah dari mana, apakah karena keterbatasan pengetahuan penggagas dan pengusungnya akan Islam, ataukah karena bingung membuat celah merusak ke-Otentik-an dan kemurnian Islam itu sendiri. Terkait hal perusakan kemurnian Islam yang dimaksud, penulis mengambil kesimpulan dari jejak rekam peristiwa-peristiwa dalam negeri yang seringkali mengarah kepada hal demikian sejak awal bermulanya pemerintahan.

Baca selengkapnya »

Islam Nusantara di Ujung Tanduk?

Islam memiliki spirit berbagi dan menebar rahmat bukan menaklukkan, spirit mentransfer ilmu pengetahuan, persaudaraan dan dakwah bukan mengeksploitasi. Dalam konteks menghadapi neo-kolonialisme, tugas tersebut dipikulkan di pundak umat ini. Agar umat Islam tetap memiliki spirit perjuangan dengan sebenarnya, sehingga eksistensi Islam ini tetap hidup. Dan jika umat ini memiliki mental inlander, memiliki mindset inferior, bukan tidak mungkin entitas Islam ini akan berakhir, tragis!

Baca selengkapnya »
Organization