Topic Archives: Idul Fitri 1433 H

Khatib Idul Fitri di Aberdeen Ajak Muslim Aberdeen Berkontribusi untuk Komunitasnya

“We are Aberdeen Muslim. There are thousands of us. What is our contribution to our community? Do we have a good mosque for pray, Islamic School for our children and Halal Slaughter House? Brothers and sisters, we need to do this initiative.” Demikian salah satu otokritik dan himbauan yang disampaikan oleh khatib dalam khutbah Eid di Kota Aberdeen yang dipusatkan di Beach Leisure Centre, Kota Aberdeen, United Kingdom.

Baca selengkapnya »

Nuansa Lebaran di Negri Seribu Benteng Maroko

Bicara lebaran tentunya masing-masing orang punya persepsi yang berbeda, mulai dari proses penyambutan, tradisi-tradisi yang ada sampai pada pola hidup masyarakatnya. Dan kalau saya boleh ceritakan perihal lebaran di tanah Magrib ini sangat jauh berbeda dengan di tanah air, seperti tidak ada pawai bedug via kendaraan-kendaraan di malam takbiran, apalagi sampai pesta kembang api.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Fitri 1433 H: Mencari Pemimpin untuk Perubahan dan Pembaruan: Revitalisasi Lembaga Kepemimpinan

Di hari yang fitri ini, tak ada yang lebih indah untuk kita lafadzkan selain untaian puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. Tuhan Maha Bijaksana yang menganugerahi kita nikmat iman, Islam, dan ihsan. Dengan ketiga nikmat itulah, kita memiliki kekuatan untuk menunaikan ibadah puasa sebulan penuh. Ibadah yang berfungsi sebagai sarana pendidikan untuk mengasah spritualitas kita menjadi pribadi bertakwa. Pribadi yang menyadari hakikat dirinya sebagai hamba Tuhan, sekaligus menginsyafi tujuan penciptaannya di muka bumi sebagai khalifah.

Baca selengkapnya »