Topic Archives: Ibadah

Ibadah Puluhan Tahun yang Sia-Sia

Hal-hal maksiat itulah yang menutupi terkabulnya do’a dan Shalat seorang hamba. Sehingga jika ada seorang hamba yang berbuat demikian, Shalat dan beribadah selama puluhan tahun namun tetap bermaksiat kepada Allah atau menzolimi orang lain, maka saat ia mengira amalan ibadahnya telah terkumpul, ternyata yang ia dapatkan hanya timbangan kosong. Lantaran ibadahnya tidak diterima oleh Allah selama hidupnya kecuali hanya sedikit saja. Semoga kita termasuk muslim yang tidak hanya memperhatikan ibadah dari segi kesahihannya saja, namun juga memperhatikan segi diterima atau tidaknya ibadah itu oleh Allah. Sehingga waktu dan usia yang kita habiskan selama puluhan tahun tidak akan terbuang sia-sia.

Baca selengkapnya »

Wajah, Dagu, Serta Sujudmu

Sekarang, tundukkan secara perlahan wajah dan dagumu ke bumi, sadari bahwa engkau tak ada apa-apanya di bumi Allah yang terlalu luas ini, tumbuhkanlah keinginan belajar dan mulailah tarbiyah, mulailah menghadiri majelis-majelis halaqah serta majelis-majelis ilmu yang akan menyelamatkan hidupmu. Dakwah sejatinya adalah seruan dan ajakan terbaik yang pernah ada di muka bumi ini, satu saja yang terenyuh hatinya untuk tersadar, satu saja orang yang mendapat hidayah melalui perantaramu, satu saja orang yang ter-rekrut untuk bergabung menjadi pejuang dakwah bersamamu dan barisan dakwah ini, maka itu lebih baik dari onta merah, lebih baik dari seluruh penjuru dunia, lebih baik dan segala apa yang ada di langit dan di bumi ini.

Baca selengkapnya »

Memahami Hakikat Ibadah

Seluruh aktivitas kebaikan dan kerja kita hendaknya bisa bernilai ibadah. Makanya, kita harus memahami hakikat dan tujuan dalam beribadah .Secara garis besar ibadah terbagai atas dua yaitu ibadah Am (umum) , berupa kebaikan seperti belajar atau bekerja dalam rangka mencari keridhaan Allah dan ibadah khas (khusus), yakni ibadah yang sudah memiliki aturan yang jelas dan terukur seperti yang digariskan Rasul misalnya, shalat atau puasa.

Baca selengkapnya »

Untuk Apakah Beribadah?

Betapa sering shalat yang kita lakukan kepada Allah tapi kenapa tidak juga menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mungkar? Berapa banyak zakat yang telah dikeluarkan namun tidak juga rasa sosial kita meningkat? Berapa tahun kita sudah berpuasa namun masih juga hawa nafsu menguasai kita? Setidaknya itulah sederetan pertanyaan yang membutuhkan jawaban.

Baca selengkapnya »

Bekerja atau Beribadah?

Ikhwah, kini kita juga bisa melihat orang-orang di sekitar. Khususnya aktifitas masyarakat Jakarta yang setiap detik tampak padat berlalu-lalang memenuhi jalanan, bahkan sampai membawa kemacetan di setiap sudut. Mereka bekerja dari pagi hingga malam, tidak sedikit kita jumpai juga orang-orang yang jarang pulang akibat sibuk dengan pekerjaannya. Yang menjadi pertanyaan adalah, mereka sibuk karena bekerja atau disibukkan karena beribadah?

Baca selengkapnya »

Tak Menghiraukan Panggilan Allah

Di dalam hati berkata, “masih belum iqamah”. Sungguh, begitukah gambaran diri ini ketika dipanggil untuk beribadah kepada-Nya? Padahal, itu adalah panggilan Sang Pencipta yang memiliki seisi bumi, langit dan di antara keduanya. Mengapa ketika sesama manusia yang kedudukkannya lebih tinggi memanggil diri ini segera bergegas menghadap kepadanya? Misalnya, ketika seorang warga dipanggil oleh Walikota atau Gubernur, dia akan bergegas menuju panggilan tersebut.

Baca selengkapnya »

Ilmu dan Hobi Duniawi Bisakah Sebagai Sarana Ibadah?

Pada hakikatnya, ilmu-ilmu tersebut –yang dianggap ilmu dunia- adalah baik, mulia, bahkan bisa menjadi wajib untuk mempelajarinya dan mengajarkannya. Sehingga dia bisa bernilai ibadah dan sarana ketundukan kita kepada Allah Ta’ala. Inilah yang perlu disampaikan pula kepada para mahasiswa yang menggeluti ilmu-ilmu ini. Sehingga, anak-anak eksak dan sosial, tidak boleh merasa minder dibanding anak-anak pesantren.

Baca selengkapnya »

Pemberian Sang Raja

Dia mengundang hamba-hamba-Nya untuk hadir di rumah-Nya setiap hari selama lima kali. Hampir sama seperti cerita di atas, semakin awal seorang manusia berada di rumah-Nya, maka akan semakin besar hadiah yang diberikan berupa pahala. Tak maukah diri ini mendapatkan pahala yang besar?

Baca selengkapnya »

Bukti-Bukti Ilmiah Manfaat Ajaib Ibadah Sehari-Hari

Banyak kalangan, terutama Barat, yang menggangap Islam tidak rasional, tidak ilmiah, dan cenderung mistik. Khususnya ibadah murni, seperti wudhu, shalat, dan sejenisnya dianggap hanya sekadar ritual kosong yang tak sanggup dijelaskan secara logika. Namun predikat “ketidakrasionalan” inilah yang justru mengundang rasa penasaran para ilmuwan untuk meneliti lebih jauh tentang kebenaran tuduhan tersebut.

Baca selengkapnya »
Organization