Topic Archives: Hijrah

Bendungan Ma’rib dan Kaum Anshar

Ajakan berhijrah disambut dan ditolak sebagian penduduk. Mereka yang menolak tidak mau meninggalkan bendungan kebanggaannya dan lebih memilih tinggal di sana. Namun, selain menolak, mereka berniat jahat menjebak Amr bin Amir dengan cara menghasut anak bungsunya untuk membalas tamparan Amr bin Amir. Terpancinglah kemarahan Amr bin Amir saat menerima tamparan dari anak bungsunya.

Baca selengkapnya »

Kisah-Kisah Pertaubatan (Jalan Terjal Menuju Hijrah Menggapai Surga)

Orang yang terkena azab Allah karena sering memakan harta orang dengan cara melipatkan hutang seseorang kepadanya,dengan diberi cobaan oleh Allah dengan mengambil nyawa istri nya yang suka pamer dan gengsi, dengan pergi haji untuk gengsi semata dan suaminya memulai kehidupan yang baru tanpa riba dari orang lain dengan cara bisnis yang beliau tempu sekarang.

Baca selengkapnya »

Iman Butuh Pengorbanan

Hijrah membawa pesan bahwa untuk menyempurnakan dan mempertahankan iman kadang kala dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar. Pengorbanan dengan keragaman bentuknya, seperti; pengorbanan pikiran, tenaga, waktu, harta, bahkan jiwa. Ketika Rasulullah hendak berangkat hijrah beliau berbicara kepada kota Mekah, sebagaimana dituliskan dalam Sunan Imam Tirmidzi dan Musnad Imam Ahmad.

Baca selengkapnya »

Hijrah Zulfa

Kini Zulfa semakin menikmati hidupnya, ia tak minder lagi dengan jilbab panjang menutup dada yang dikenakannya itu. Sudah biasa ia dengan ejekan-ejekan yang sangat sering di luncurkan teman-temannya. Mulai dari ”Zulfa kedinginan ya? Sekolah kok bawa-bawa selimut? Haha” terus ”Zulfa mau jadi wonder women ya? Jubahnya di pake mulu”. ”Iya, aku mau terbang, mencari ilmu Allah.” jawabnya dalam hati setiap mendengar lontaran ledekan dari teman-temannya itu. Dia hanya menanggapi dengan senyum diikuti kedua lesung pipinya itu. Hemm. Lia dan Sari juga sedang belajar mengenakan jilbab syar’i ini. Mudah-mudahan Allah memantapkan hati mereka.

Baca selengkapnya »

Hijrah, Strategi Pemimpin Level 5

Hijrah tidak hanya bisa dipahami sebagai bentuk pelarian dan meminta perlindungan baru, tetapi juga bisa dipahami sebagai tindakan strategis guna mencapai tujuan organisasi. Hijrah adalah titik balik dari era keterpurukan menjadi era kejayaan. Sebagaimana perusahaan-perusahaan besar yang rela menutup perusahaan mereka pada suatu tempat, kemudian memindahkannya pada tempat lain.

Baca selengkapnya »

1437 H

dakwatuna.com Di kala ku tersalah Hingga hilang fitrah Tak sedikitpun ku resah Sampai kulupa arah Kutahu Engkau marah Namun Engkau begitu pemurah Hingga Kau Ajarku Tabah Berlayar Mencari Hikmah Di awal Hijriyah Inginku meratap, merasakan saudaraku di sana bersimbah darah Di awal Hijriyah Kubangkit memulai langkah Di awal Hijriyah Kenalkan …

Baca selengkapnya »

Manuver-Manuver Jitu untuk Hijrah yang Lebih Baik

Kita pun bisa belajar dari hijrahnya para sahabat dan salafus shalih. Tentang hijrahnya Mush’ab bin Umair, Duta Islam Pertama. Ketika Mush’ab membawa bendera tauhid di perang Uhud. Tatkala barisan kaum muslimin kocar kacir. Mush’ab tetap bertahan pada posisinya. Musuhpun datang berkuda dan menebas tangan kanannya hingga putus. Tak lantas beranjak, kini ia memegang bendera di tangan kirinya

Baca selengkapnya »

Menghidupkan Makna Hijrah

Dengan hijrah, Rasulullah Saw. dan para sahabat bisa membangun masyarakat baru di kota Madinah. Masyarakat yang terformulasikan dalam bentuk persaudaraan "ukhuwah" yang sangat kental antara orang-orang yang berhijrah dari Makkah "Muhajirin" dan penduduk kota Madinah yang membantu mereka kaum "Anshar". Tergambar dalam firman Allah Taala,

Baca selengkapnya »
Organization