Topic Archives: guru

Bahasa Komunikasi Guru

Dalam mendidik dan mengajar, seorang guru harus memerhatikan efektifitas komunikasinya dengan anak didik. Tidak jarang terjadi pesan kebaikan dan pelajaran tidak sampai pada peserta didik karena tidak tepatnya bahasa komunikasi yang digunakan guru. Dalam aktivitasnya, guru lebih sering mengunakan bahasa lisan atau bahasa verbal yang bisa saja akan membosankan peserta didik karena melebihi kadar yang dibutuhkannya.

Baca selengkapnya »

Bukan Profesi Biasa

Begitu multitasking-nya peran seorang guru, hingga saya rasa profesi ini bukan profesi biasa. Dan semoga seorang guru juga bisa Allah mampukan untuk menjadi guru terbaik untuk peserta didiknya. Seorang guru yang ketika di depan menjadi teladan (Ing ngarso sung tulodo), ketika di tengah bisa membangkitkan semangat (Ing madya mangun karso), dan terus memberikan dorongan moral dan semangat bagi peserta didiknya (Tut wuri handayani).

Baca selengkapnya »

Mak Elung, Ajari Anak Cinta Alquran

Saat ini Mak Elung sudah tak sesehat dan sekuat dulu kondisi tubuhnya. Mak Elung sudah sering sakit-sakitan. “Saye sudah tak kuase lagi duduk lama”, ungkapnya singkat. Menurut cerita Mak Elung, kalau duduk terlalu lama dan badan kelelahan, tubuhnya merasa melayang-layang dan tidak berpijak di tanah. Beberapa kali pula Mak Elung jatuh terkapar, badannya lemas bak tak bertenaga. Kondisi Mak Elung yang demikian menjadikan Salbiyah, si putri bungsu tak bisa jauh-jauh dari mamak. “Di rumah, di ladang, saya tak berani meninggalkan mamak sendirian, mamak harus ada teman”, ucap lirih Salbiyah.

Baca selengkapnya »

Aku Gurumu, Nak!

Aku gurumu, nak… Guru yang tak sempurna, guru yang penuh cela kesalahan, guru yang hidup di penghujung zaman, guru yang merasakan gejolak dunia, guru yang dirasa diam dalam tekanan keadaan, guru yang pergi pagi pulang pada jadwalnya, guru berbayar, guru material, guru anak bangsa. Namun aku gurunya manusia... pahamilah nak... aku gurumu

Baca selengkapnya »

Munajat  Sang Guru

Malam itu, ia seperti bersama Tuhannya. Hanya dia dan Tuhannya. Tangisnya tiada terbendung, memelas dan memohon kepada-Nya. Terlihat begitu ia menyesali akan segala hal yang telah dilakukannya beberapa hari ini kepada murid-muridnya. Pedih terlihat airmata yang terus mengalir hingga azan subuh berkumandang.

Baca selengkapnya »

Guru (Bukan) Idola Siswa

Guru yang terus belajar, kompeten di bidangnya, religius dan kreatif bisa menjadi kriteria guru yang inspiratif. Selain itu, seorang guru yang menggunakan metode pembelajaran bervariatif dan menyenangkan. Setiap materi mempunyai cara penyampaian yang berbeda dan beragam serta mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang kondusif akan menjadi sosok idola siswa.

Baca selengkapnya »

Guru Sejati

Dalam mendefinisikan guru sejati kita akan menemui para ilmuwan dan buku-buku mengungkapkannya begini; "Pada seorang Guru yang sebenar berilmu, kan kau reguk Adab yang tak disediakan oleh buku-buku." (Ibn 'Athaillah). Dari ungkapan Ibnu Athaillah sejenak kita meresapi bahwa guru memiliki dua sifat alami, keburukan dan kebaikan, guru sejati akan senantiasa menghadirkan energi kebaikan, dalam tindakannya, di ruang-ruang kelas peradaban...

Baca selengkapnya »