Topic Archives: Ghibah

Stop Makan Mayat Saudaramu!

Siapa manusia yang tidak memiliki aib? Sudah pasti tidak ada. Untuk itu agar Allah menutup aib kita di dunia dan akhirat, kita harus pandai-pandai menutupi aib saudara sesama Muslim. Karena seseorang yang suka membuka aib seseorang pasti akan Allah sebarkan aibnya ke seluruh manusia. Siapa pun yang suka melakukan ghibah maka ia juga akan dighibahi oleh orang lain. Tidak ada manusia yang sempurna, kita juga memiliki aib dan kekuarangan.

Baca selengkapnya »

Budaya Ghibah

Ghibah yang kita lakukan menjadi sebuah tradisi yang seakan-akan itu bukan dosa, padahal di zaman para sahabat dahulu, meninggalkan hal yang sunnah saja seakan meninggalkan perkara yang wajib dan itu menimbulkan kecemasan yang mendalam pada diri sahabat. Sangat berbanding terbalik dengan kondisi kita, keburukan yang sudah menjadi tradisi seakan bukan dosa lagi.

Baca selengkapnya »

Bahagia Karena Banyak Digunjing

Jangan sedih jika Anda sedang menghadapi sebuah gunjingan. Justru berbahagialah karena ada orang-orang yang suka mengambil deretan dosa-dosa Anda, dan menggantinya dengan pahala-pahala mereka. Bahkan kalau Anda mampu, sediakanlah bagi mereka kado ucapan terima kasih karena telah bersedia mengambil dosa-dosa Anda.

Baca selengkapnya »
Organization