Topic Archives: Dakwah kampus

Urgensi Amal Jama’i Dalam Amanah Dakwah Kampus

jika bicara amal jama’i, memang agak panjang bahasannya. Yang jelas, ingatlah tentang apa yang ada di hati, pastikan yang utama ialah Dia, Allah subhanahuwata’ala. Jadikan dia yang utama apapun posisi kita dalam struktur kehidupan. Entah sebagai seorang aktivis BEM, entah sebagai kader dari Lembaga Dakwah Kampus, ataupun punggawa ilmu di UKM keilmuan. Utamakan islam dimanapun kita berada.

Baca selengkapnya »

Memperluas Jaringan Lembaga Dakwah

Salah satu tujuan didirikannya Salam UI (MMS, 2008:11) adalah Kolektif, maksudnya mengembangkan dan meningkatkan ukhuwah islamiyah yang dikenal dalam salah satu amal islami, sebagai sebuah bentuk amalan yang dapat mewujudkan terciptanya persatuan dan kesatuan, yang dalam hal ini dapat pula dijadikan sarana untuk terciptanya integrasi mahasiswa muslim di Universitas Indonesia. Selain Salam UI menghimpun mahasiswa muslim se UI dan bagi mereka yang sudah memiliki identitas pengurus, maka tugas mereka sesudah menyatukan mahasiswa muslim adalah meningkatkan ukhuwah Islamiyah kepada individu, kelompok, dan institusi lain.

Baca selengkapnya »

Bongkar Kebiasaan Lama Daurah Rekrutmen

Kita perlu memikirkan, mendiskusikan, dan melaksanakan hasil ide-ide kita untuk membongkar kebiasaan lama ini yang mungkin sudah tidak relevan dengan mahasiswa baru zaman sekarang. Banyak faktor yang menyebabkan Daurah Awal Fakultas sudah tidak menarik, seperti tempat yang tidak begitu jauh dari kampus atau kelewat jauh, maba ingin yang simple saja (bisa pulang, sehari selesai), pembicara yang kurang oke, publikasi yang kurang kreatif dan massif, kurangnya pendekatan kepada maba, pelayanan yang kurang all out, mentor ospek yang kurang siap, dan sebagainya.

Baca selengkapnya »

Hubungan Baik Dakwah Sekolah dan Kampus

Permasalahan antar dakwah sekolah dan kampus tak henti-hentinya terjadi pada implementasinya. Terlihat mudah, ternyata aplikasi nya sulit. Ini pun yang terjadi pada diri saya ketika pada tahun kedua di kampus. Komunikasi dan frame berbeda menjadi kuncinya agar hubungan mereka tidak bergesekan terus. Dengan dakwah ammah harakah zhahir, petinggi-petinggi DK bisa dijangkau dan diakses, tidak hanya sesame aktivis dakwah, tetapi orang umum.

Baca selengkapnya »

Kajian Core Competence Dakwah Kampus

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa kampus memiliki 4 rumpun, yakni MIPAKES, TEKNO, SOSHUM, dan VOKASI. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum LD menjalani kajian CC sesuai fakultas masing-masing. Bagi mereka yang belum percaya diri, bisa membuat kajian CC berdasarkan rumpun, di mana LDF rumpun bisa menyelenggarakan kegiatan bersama dengan isu yang fundamental dan kekinian. Kegiatan ini juga bisa berdampak kepada kedekatan LDF dengan tokoh-tokoh yang ahli di bidangnya, alumni-alumni fakultas yang sudah bersinar, dan institusi terkait yang bisa mendongkrak nama LDF di mata publik. Memulai satu kebaikan akan memunculkan kebaikan lainnya. So, mulailah dengan perlahan tapi pasti.

Baca selengkapnya »

Equilibrium

Indonesia telah mengalami hal demikian dimana pemerintahan sentralistik tersebut dinilai memiliki banyak kekurangan dan kurang sesuai dengan negara Indonesia yang wilayahnya luas dan beragam suku, agama, ras, dan golongan di dalam masyarakatnya. Masyarakat yang sangat heterogen tersebut harus dikelola pula oleh kekuatan-kekuatan yang ada di tiap daerahnya masing-masing karena masyarakat yang berada di daerah tersebut lah yang lebih mengetahui potensi dan hambatan terbesar dalam pembangunan di daerah tersebut. Kearifan lokal dan ciri khas tiap daerah yang sangat unik hanya mampu dikembangkan dengan adanya pelaksanaan otonomi daerah. Poinnya ada pada equilibrium atau titik keseimbangan antara kebijakan mana yang harus diambil pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Baca selengkapnya »

Medan Perang Intelektual Dakwah Kampus

Ini adalah sebuah refleksi dari salah satu misi keberadaan dakwah kampus, yaitu sebagai wadah proses pembentukan kepribadian mahasiswa agar kelak menjadi lulusan perguruan tinggi yang memiliki afiliasi kepada Islam. Misi lainnya adalah optimasi peran kampus yang terangkum dalam tridharma perguruan tinggi dalam upaya transformasi menuju bangsa berperadaban tinggi dengan masyarakatnya yang madani.

Baca selengkapnya »

Persaudaraan dan Saling Mencintai antar Aktivis Dakwah Kampus Lintas Gerakan, Ibrah dari Ta’akhi Muhajirin dan Anshar

Kuatnya persaudaraan dan saling mencintai yang berlandaskan aqidah Islamiyyah, harus diutamakan di atas kepentingan golongan, perbedaan metode dakwah, serta egoisme sesaat gerakan. Apabila segenap aktivis dakwah Islam di kampus kampus besar di Indonesia menjalani ibrah dari episode muhajirin dan anshar ini, bukan tidak mungkin lompatan karya dan kebermanfaatan yang lebih besar dalam menyelesaikan permasalahan umat Islam Indonesia akan terlihat massif, rapi, dan terorganisir.

Baca selengkapnya »