Topic

Topic Archives: berjamaah

Indahnya Bersama Jamaah

Dalam dunia aktivis dakwah tidak ada tolak ukur yang absolut. Tidak bergantung pada senioritas, ketokohan ataupun ketuaan serta besaran kontribusi. Pada saat-saat tertentu gerbong dakwah ini berjalan dan berlari melewati tikungan tajam, jalan penuh luang dan bebatuan. Tentu orang yang tidak sabaran akan bergumam. Kenapa sih lewat jalan beginian? Memangnya tidak ada jalan lain? Ada jalan tol, kenapa lewat sini? Wah sopirnya pasti jadul, kudet atau sebutan negatif lain.

Baca selengkapnya »

Haruskah Berjamaah?

Apalagi yang membuatmu memilih jalan sendiri, sedangkan Islam secara tegas menuntutmu untuk berada dalam barisan jamaah. Karena syariat Islam tak sekedar persoalan menjadi pribadi yang baik saja, tetapi mengajak orang-orang yang sudah baik untuk menjadikan yang lainnya baik pula, serta merubah dunia menjadi lebih baik lagi. Ingat, tak kan berarti jika kita nikmati Surga itu sendiri, maka berjamaahlah dan istiqamahlah dalam berjamaah.

Baca selengkapnya »

Badmood (dalam) Berjamaah?

Wajar bila dalam perjalanan hidup berjamaah, sesekali seorang anggota-kader-simpatisan, merasakan badmood (al-majaz as-salbi). Efeknya bisa beragam: 1. Pasif, tetap bergabung tapi minim kontribusi; 2. Berhenti sejenak, untuk menetralisir suasana; 3. Kritis, dengan tetap mengedepankan etika dan adab berjamaah; 4. Merusak, menebar aib lalu menyerang.

Baca selengkapnya »

Tetaplah Berjamaah!

Sejatinya, manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Dasar negara kita pun, yaitu Pancasila mengajarkan hal yang serupa. Sebagai makhluk individu, manusia harus memperhatikan apa-apa saja yang terkait dengan kebutuhan hidupnya. Imam Al-Ghazali menyimpulkan tentang lima kebutuhan dasar manusia, yakni agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta. Pada saat yang sama manusia juga harus mampu menjadi makhluk sosial yang peduli akan sesama, peduli kepada lingkungan sekitarnya. Dan konsekuensi logisnya adalah manusia membutuhkan manusia lain dalam beberapa aktifitas sosial.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization