Topic Archives: Audit

Pelaksanaan Audit Berbasis Teknologi Informasi

Akuntan dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut dengan berusaha untuk mempelajari teknologi informasi. Ada beberapa alasan mengenai pentingnya akuntan mempelajari teknologi informasi tersebut, di antaranya akuntan diharapkan tidak hanya sebagai pengguna tetapi diharapkan sebagai pengembang suatu sistem dan sebagai auditor diharapkan dapat mengevaluasi suatu sistem, dengan memiliki kemampuan tersebut maka akuntan dapat memperoleh posisi yang menguntungkan seiring dengan perkembangan sistem informasi seperti sekarang ini.

Baca selengkapnya »

Auditing Dalam Pandangan Islam

Seorang auditor memiliki kewajiban untuk menyaksikan bahwa informs yang disajikan dalam laporan keuangan adalah benar atau tidak. Apabila dikomparasikan dalam konteks sistem keuangan islami, audit syariah hadir sebagai sebuah sistem yang memeriksa kepatuhan operasi-operasi keuangan syariah berdasarkan hukum syariah. Sehingga, dapat disimpulkan Islam telah mengenal fungsi audit sejak lama, yaitu dalam bentuk hisbah yang memiliki tugas serupa dengan konsep audit.

Baca selengkapnya »

Peran Auditor dalam Ekonomi Islam

Di Indonesia,terdapat dua macam auditor, yaitu auditor internal dan auditor eksternal. Auditor internal ialah orang yang bekerja di dalam suatu perusahaan yang bertugas untuk melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap aktivitas laporan keuangan perusahaan yang selanjutnya akan diperiksa kembali oleh auditor eksternal. Sedangkan auditor eksternal juga memiliki peran dan tugas yang sangat penting. Di mana mereka berkerja di sebuah KAP (Kantor Akuntan Publik) dan harus memiliki sikap independen yang sangat tinggi. Auditor eksternal dapat mengeluarka opini atas hasil audit yang dilakukan dan akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat luas terhadap perusahaan.

Baca selengkapnya »

Auditing dalam Kaca Mata Islam

Di Indonesia sendiri, saat ini belum ada pengaudit khusus yang menangani tentang transaksi syariah. Siapapun, bisa melakukan audit di Kantor Akuntan Publik, hanya saja, mereka belum mengerti seperti apa syariah. Hal serupa juga dialami oleh negara lain, seperti Bangladesh. Muhammad Shokwat Imran, dkk, dalam jurnalnya yang berjudul “Auditing Dalam Perspektif Islam dan Penerapannya Pada Beberapa Bank Islam yang Beroperasi di Bangladesh”, menyebutkan bahwa karyawan di beberapa Bank Syariah Bangladesh saja belum memiliki kecakapan pengetahuan tentang syariah yang baik, sistem dan prosedur akuntansinya pun tidak sepenuhnya sesuai dengan syariat Islam.

Baca selengkapnya »