Topic Archives: Amnesti Pajak

Pemuda PUI: Jika RUU Pengampunan Pajak Disahkan, Maka Negara Dikendalikan Pencuri

Pemuda PUI mengungkapkan, melalui RUU tentang Pengampunan Pajak (Tax Amnesty), pemerintah ingin repatriasi atau menarik dana warga negara Indonesia yang ada di luar negeri dan mengampuni para pengemplang pajak demi peningkatan pajak. Alasan lain untuk menutupi kekurangan (shortfall) dengan mengerek pajak sebesar Rp 1.343 triliun di RAPBN-P 2016. Pemotongan anggaran di kementerian dan lembaga non departemen pun telah dilakukan.

Baca selengkapnya »

Diskursus Tax Amnesty

Terpenting dari semua itu adalah reformasi perpajakan. Mengutip Ecky Awal Mucharam, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PKS menyampaikan pandangannya di depan publik. "Tax amnesty tidak akan berhasil tanpa adanya reformasi perpajakan yang meliputi aspek regulasi, administrasi, dan institusi perpajakan."

Baca selengkapnya »

Tax Amnesty di Ambang Era Keterbukaan Informasi

Kembali pada tujuan mendasar dari Tax Amnesty, respons Wajib Pajak hendaknya dipahami pula sebagai sejenis respons atas segera berakhirnya era ketertutupan. Respons Wajib Pajak terhadap Tax Amnesty pasti tidak dapat dilepaskan dari fenomena segera berakhirnya era ketertutupan. Respons Wajib Pajak terhadap Tax Amnesty adalah respons yang terkait dengan segera dimulainya era keterbukaan informasi.

Baca selengkapnya »

Tax Amnesty, Solusi Kesejahteraan Bangsa?

Namun Pemerintah juga sadar bahwa dari 2,5 juta Wajib Pajak badan dan 27 juta Wajib Pajak perorangan, hanya 10 juta atau sekitar 100 ribu orang yang melaporkan SPT-nya. Artinya, kesadaran pajak dalam negeri masih kurang. Maka ke depannya mungkin tidak sekedar tax amnesty yang jadi primadona kebijakan pajak, tapi juga akan dipersiapkan kebijakan pajak lainnya untuk mengapresiasi wajib pajak yang taat peraturan untuk meningkatkan kesadaran pajak mereka. Pada intinya, kesejahteraan Indonesia yang masih rendah akan mengganggu kedaulatan negara.

Baca selengkapnya »
Organization