Topic Archives: Amal

Persahabatan Dua Pemuda Tampan

Sejak saat itu mereka pun kemudian bersahabat, dan ke manapun pemuda tampan dan kaya raya itu pergi sahabatnya itu selalu menyertainya. Warga pun kian bahagia karena selain pertolongan dari si pemuda kaya, kini mereka pun memiliki tempat bertanya dan mendengarkan kisah-kisah luar biasa dari si pemuda miskin itu. Siapakah nama pemuda miskin berbaju jelek itu? Dialah yang hari ini sering dikenal dengan nama ‘Islam’. Dan siapakah pemuda tampan yang kaya raya itu? Dialah yang hari ini lebih dikenal dengan nama ‘Amal’.

Baca selengkapnya »

Amal Bukan Sebab Masuk Surga? (Kritik Atas Klarifikasi Prof. Quraish Shihab)

Sebenarnya maju mundur juga menurunkan tulisan ini, khawatir dapat tuduhan macam-macam (fitnah, tak paham, dll) apalagi dari orang sekelas ustadz TKI berbanding prof. DR. dan ahli tafsir ternama. Namun, bismillah, saya turunkan juga tulisan ini dengan niat saling menasihati tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Pak Quraish Shihab. Semoga ada manfaat yang dapat diambil.

Baca selengkapnya »

Menampakkan dan Menyembunyikan Amal

Menampakkan dan menyembunyikan suatu amal tetaplah suatu pilihan. Menyembunyikannya, agar sempurna kemesraan seorang hamba dengan Rabbnya, berdua semata. Atau menampakkannya, untuk memotivasi orang lain melakukan kebaikan serupa, mengenalkan kebaikan dakwah, memikat hati para mualaf, akhirnya menjadi kemaslahatan bagi umat.

Baca selengkapnya »

Bukankah Tangan di Atas Lebih Baik Daripada Tangan di Bawah?

Sore itu, menjelang masuknya waktu untuk melaksanakan shalat Ashar. Berhenti sejenak sebab giliran warna merah yang muncul. Tepat juga azan berkumandang. Menarik diri untuk shalat. Toh sudah lama juga tidak shalat di masjid itu. Masjid yang selalu menjadi terfavorit bagi siapa saja, termasuk saya yang memang sangat suka dan mengagumi keindahan arsitektur salah masjid terbesar dan termegah di kota tempat kaki berpijak sekarang.

Baca selengkapnya »
Organization