Figure Archives: Yunahar Ilyas

Menjernihkan Persoalan Maulid dan Natal

dakwatuna.com – Di penghujung tahun 2015 terdapat dua perayaan keagamaan yang hampir berbarengan. Tanggal 24 Desember adalah Maulid Nabi Muhammad, kemudian besoknya adalah perayaan Natal. Tiap tahun dirayakan secara meriah. Namun tanggal yang dirayakan bukanlah kelahiran dua Nabi tersebut. Bila ditelusuri sejarahnya, tanggal 25 desember adalah kelahiran dewa Matahari (Mithra). …

Baca selengkapnya »

Dilema Mantan Napi Jadi Pemimpin

Untuk mewujudkan pilkada yang bersih, bermartabat, dan lancar, serta mendapatkan kepala daerah yang terbaik, maka dibutuhkan pertimbangan yang matang untuk menyusun Undang-Undang Pilkada. Jangan hanya karena alasan melanggar HAM lalu Undang-Undang Pilkada dibuat selonggar-longgarnya, karena HAM seseorang pun dapat dibatasi dengan dua hal, yaitu aturan publik dan HAM orang lain. Maka dari itu, jernihlah dalam merenung, logislah dalam berpikir, dan tegaslah dalam menegakkan aturan, maka insya Allah akan terpilih pemimpin yang berkualitas.

Baca selengkapnya »

Pelemahan KPK dalam Pandangan Islam

Segenap masyarakat Indonesia harus mendukung segala usaha untuk memberantas korupsi dan menolak segala upaya pelemahan pemberantasan korupsi. Jika memang mengaku wakil rakyat dan bekerja untuk kepentingan rakyat, maka para pejabat negeri ini harus betul-betul mendengarkan suara rakyat. Rakyat sudah terlalu menderita oleh ulah para koruptor, rakyat ingin hukum terhadap para koruptor benar-benar ditegakkan secara tegas agar nantinya tindak pidana korupsi dapat berkurang di masa depan. Usaha pencegahan dan pemberantasan korupsi harus terus diperkuat, bukan malah dilemahkan dengan cara-cara “sok akademis” dan “sok legal”.

Baca selengkapnya »