Figure Archives: Susilo Bambang Yudhoyono

Jas Bertambal; Mohammad Natsir, Mencintai Indonesia, Dicintai Negeri Asing

“Betul bapak, nama beliau beru diusulkan tahun ini. Saya juga tidak mengerti alasan pemerintah lama belum mau memberikan Bapak Natsir penghargaan” kata sang sekretaris Negara tenang. SBY menunduk dalam, seolah merasa malu pada diri dan bangsa-nya yang sama sekali tidak tahu terima kasih. Kenapa? Mosi Integral yang diajukan Natsir pada 1950 membawa kembali bangsa ini kepada NKRI, persatuan utuh yang sebelumnya dipecah pecah aggressor Belanda dengan membentuk Negara Serikat.

Baca selengkapnya »

2 Tahun Jokowi-JK, Anggaran Infrastruktur Tinggi Tapi Daya Saing Global Menurun

World Economic Forum (WEF) 2016/2017 melaporkan peringkat indeks daya saing Indonesia kembali terpuruk. Indonesia hanya menduduki peringkat ke-41 dari 138 negara. Laporan tersebut menunjukkan posisi Indonesia turun empat tingkat dibandingkan laporan pada tahun 2015 lalu yang berada pada posisi 37. Bahkan, posisi Indonesia ini juga mengalami penurunan dibandingkan laporan pada tahun 2014 yang berada pada posisi ke-34.

Baca selengkapnya »

Evaluasi 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla: Sektor Industri dan Pembangunan

Di sektor industri, terjadi perlambatan pertumbuhan pada industri pengolahan. Indeks manufaktur pada kuartal III/2016 berdasarkan nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) diketahui mengalami degradasi menjadi 48,74 persen, turun dari kuartal sebelumnya sebesar 52,38 persen. Survei Bank Indonesia menunjukkan bahwa kinerja industri pengolahan meski tetap tumbuh, namun terindikasi melambat dengan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 1,09 persen atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya sebesar 3,41 persen.

Baca selengkapnya »

Harapan Baru untuk Menteri ESDM Baru

Posisi Menteri ESDM sangat strategis karena menyangkut hajat hidup rakyat dan kekayaan alam Indonesia yang bernilai ratusan ribu triliun. Bukan sekedar 1-2 triliun saja. Angka ini bisa kita dapatkan dari perhitungan cadangan kekayaan alam di tanah air. Untuk satu blok Migas saja, misalnya Blok Mahakam di Kalimantan Timur, terdapat potensi Gas sebanyak 12,7 Triliun Cubic Feet (TCF) dan Minyak sebesar 1,05 Miliar Barrel.

Baca selengkapnya »

Standar Ganda Para Penganjur Demokrasi, Pasca Gagalnya Upaya Kudeta di Turki

Fealy dari Australia menyoroti sisi buruk demokrasi yakni adanya standar ganda dan dilema demokrasi dalam penerapannya terutama di dunia Islam. Bahwa di suatu saat menurut Fealy, negara-negara Barat akan mendiamkan praktik pelanggaran HAM di negeri-negeri Muslim jika menguntungkan kepentingan mereka. Sebaliknya mereka akan bersuara lantang tentang suatu pelanggaran kecil jika itu terjadi di negeri Muslim yang menjadi ancaman bagi mereka.

Baca selengkapnya »

“Bagaimana Turun Dari Bus?” Pengalaman Itu Penting

Dalam hal mendidik anak, makna memberikan pengalaman kepada anak, sangat penting. Agar anak kita dapat memahami kehidupan secara lebih luas, merasakan pengalaman batin yang mengesankan, mencari makna dan hikmah dari setiap jejak langkah yang dilalui. Kepada seluruh orang tua di manapun berada, yang telah Allah karuniakan anak-anak, baik secara langsung anak kandung ataupun anak didik, mari libatkan anak-anak kita dalam pengalaman-pengalaman baik, agar kelak dia memahami kehidupan ini dengan lebih baik dan lebih bermakna.

Baca selengkapnya »

Merevitalisasi Pendidikan Indonesia dengan Pendidikan Karakter dan Adab

Kita harus merevitalisasi Pendidikan di Indonesia ini dengan Pendidikan Karakter dan Adab agar peserta didik tidak hanya sekadar berprestasi di akademiknya saja tetapi memiliki akhlak yang baik, berbudi pekerti dan berlaku santun terhadap siapapun. Sehingga menjadikan generasi muda Indonesia menjadi generasi yang produktif dalam membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi.

Baca selengkapnya »
Organization