Figure Archives: Soekarno

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Belajar dari Sejarah Perselisihan Ulama dan Umara [1]

Jika kita belajar dari sejarah, ternyata akibat dari perselisihan antara ulama dengan umara sangat luas, merugikan semua pihak, dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Bagi para ulama. Sepintas mereka terlihat seperti pihak yang kalah dan dirugikan akibat dari perseteruannya dengan umara. Banyak ulama besar yang diuji ketabahannya akibat berselisih dengan umara. Keempat imam mazhab dalam Ahlus Sunnah wal Jamaah, semuanya tak luput dari ujian tersebut.

Baca selengkapnya »

Surat Nabi Yusuf untuk Habib Rizieq

Surat Yusuf memuat banyak kisah. Dimulai dengan kisah mimpinya melihat matahari, bulan dan bintang; kisah kecemburuan saudara-saudaranya; kisah persekongkolan jahat; kisah pembunuhan karakter dengan menghilangkan objek (sumur); kisah akting di depan Nabi Ya'qub; Kisah rombongan dagang; dan seterusnya. Hari ini kita melihat, episode-episode permulaan kisah Yusuf tersebut terulang lagi.

Baca selengkapnya »

Ulama dan Fitnah

Terima kasih untuk para ulama Terima kasih untuk dorongan kalian agar kami selalu bertaqwa Terima kasih untuk mengajarkan kami bagaimana cara hidup di dunia Terima kasih untuk segala bantuan kalian agar kami selamat hidup di akhirat kelak Terima kasih telah menjerumuskan kami kedalam jurang kebenaran.

Baca selengkapnya »

Politik Peci Hitam

Politik peci hitam akan semakin menghiasi media-media nasional di Indonesia. Semakin mendekati pemilihan umum tahun 2019, komunikasi politik si peci hitam, akan semakin intensif dan memakan banyak insentif. Meskipun demikian, seiring derasnya arus informasi yang datang kepada seluruh lapisan masyarakat, politik peci hitam akan sulit digunakan pada masyarakat yang terpapar informasi secara simultan.

Baca selengkapnya »

Mother’s Day: The Supermom Project

Sikap yang harus dilakukan oleh kaum Ibu Indonesia adalah menjadikan Hari Ibu sebagai ajang proyek supermom, Mother’s Day: The Supermom Project. The Supermom Project ini diharapkan menjadi batu loncatan bagi kaum ibu Indonesia untuk mengingat kembali apa yang sudah diperjuangkannya sejak hari pernikahan terjadi. Hari Ibu sudah sepantasnya menjadi pengingat bahwa kaum Ibu Indonesia memiliki potensi lebih bahwa mereka memiliki kapasitas dalam membangun masyarakat juga.

Baca selengkapnya »

Pemuda Islam Sebagai Armada Dalam Kemajuan Bangsa

Uang memang merupakan alat transaksi yang sangat penting, maka dari itu kita harus mengendalikannya. Mulai sekarang ubahlah pola pikir tentang uang yang mengatakan “uang adalah segalanya” karena hal ini akan membuat kita mulai memperlakukannya secara spesial dan akhirnya kita mulai dikendalikan oleh uang. Ingat semakin banyak mengeluarkan uang maka semakin besar potensi terlilit utang.

Baca selengkapnya »

Refleksi Sumpah Pemuda: Empat Modal yang Harus Dimiliki Pemuda

Pemuda itu adalah pilar kebangkitan umat, rahasia kekuatan dalam setiap kebangkitan panji dan setiap fikrah. Para pemuda adalah penerus tongkat estafet kepemimpinan sebuah bangsa. Sehingga nasib bangsa ke depannya ditentukan oleh kualitas para pemuda hari ini. Apa yang hari ini diukir, akan menjadi rupa dan warna di masa mendatang. Sangat bergantung pada apa yang dibaca, ditonton dan kebiasaan yang dilakukan pada saat ini.

Baca selengkapnya »

Standar Ganda Para Penganjur Demokrasi, Pasca Gagalnya Upaya Kudeta di Turki

Fealy dari Australia menyoroti sisi buruk demokrasi yakni adanya standar ganda dan dilema demokrasi dalam penerapannya terutama di dunia Islam. Bahwa di suatu saat menurut Fealy, negara-negara Barat akan mendiamkan praktik pelanggaran HAM di negeri-negeri Muslim jika menguntungkan kepentingan mereka. Sebaliknya mereka akan bersuara lantang tentang suatu pelanggaran kecil jika itu terjadi di negeri Muslim yang menjadi ancaman bagi mereka.

Baca selengkapnya »
Organization