Figure Archives: Qarun

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Idul Fitri Sebagai Momentum Peradaban Islam

Ketika Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah, beliau SAW mendapati orang-orang berpesta dalam dua hari. Rasulullah SAW bertanya, "Hari apa ini?" Para penduduk Madinah itu menjawab, "Kami dulu berpesta dalam dua hari ini". Rasulullah SAW kemudian bersabda, Sungguh, Allah SWT telah mengganti dua hari itu dengan yang lebih baik dari padanya Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca selengkapnya »

Mengenal Syukur

Kemudian apa yang akan didapat setelah bersyukur? Selain Allah memerintahkan kita untuk bersyukur, bersyukur dapat menjadi penyebab bertambahnya nikmat dari Allah. Bersyukur dapat pula menjadi jalan untuk dicintai Allah. Selain itu jika kita bersyukur, Allah akan menghindarkan kita dari azab dunia dan akhirat. “Kami kirimkan azab berupa angin yang menimpakan batuan membara kepada kaum Luth. Dan Kami selamatkan mereka yang beriman, begitulah Kami membalas orang-orang yang bersyukur.” (Qs. Al-Qomar:34-35). Dan terakhir, dengan bersyukur Allah akan mengangkat derajat di sisi-Nya. Ini terdapat di surat An-Naml:40 ”Seseorang yang bersyukur, sesungguhnya akan diangkat derajatnya.”

Baca selengkapnya »

Legenda Harta Karun di Dalam Alquran

Qarun menganggap kekayaan harta benda yang diperolehnya itu adalah semata-mata karena usahanya sendiri. Sungguh, hanya Allah SWT sajalah yang menyempitkan dan melapangkan rezeki seseorang. Maka perhatikan kesudahan Qarun yang mengingkari nikmat Allah SWT tersebut, dia dibenamkan kedalam bumi beserta rumah dan harta bendanya sebagai azab dunia dari Allah SWT.

Baca selengkapnya »

Surga yang Dirindukan

Tugas kita hanya taat, meski ada bisik-bisik bahwa kita bukan malaikat yang selalu taat. Karena kita manusia lah maka ditugaskan untuk taat, bukan disifati taat seperti malaikat. Maka berupayalah dalam menjalankan tugas menjadi taat, karena kitapun bukan iblis yang menolak taat kan? Tugas kita hanya taat, untuk SURGA YANG DIRINDUKAN.

Baca selengkapnya »