Figure Archives: Muhammad Anis Matta

Wajah Hakiki Peradaban Madani, Manifestasi Nilai Ketuhanan dalam Demokrasi Pancasila

Pada dasarnya semua agama menghendaki hukum Tuhan untuk diimplementasikan dalam sistem kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini menjadi suatu keniscayaan yang mutlak karena tidak ada satu agama pun yang menghendaki adanya kehancuran bagi umatnya. Inilah peranan Pancasila dirumuskan oleh generasi awal bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Baca selengkapnya »

Memperingati Hardiknas, Nuansa Baru Konsep Pendidikan Dalam Kerangka Pancasila

Nilai-nilai Pancasila mengandung konsep hidup bahwasanya Indonesia terdiri dari kumpulan manusia yang memiliki agama dan berusaha untuk mendalami agama yang diyakininya, sepanjang waktu dan apapun profesinya. Beberapa contoh konsep tersebut di antaranya, seorang manusia menjadi presiden atau menteri, memiliki pemahaman mendalam dan menyeluruh terhadap agama yang diyakininya.

Baca selengkapnya »

Assalamu’alaikum Cinta

Maka ketika jatuh cinta biarkan rasa itu tumbuh untuk terus memberikan energi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan cinta. Energi yang melejitkan semua potensi diri. Seperti pohon yang mulanya menyerap matahari kata ustadz Anis Matta, untuk kemudian mengeluarkan semua kebajikan yang ada dalam dirinya; buahnya; keindahannya.

Baca selengkapnya »

Nabi Yahya, Pemuda yang Dirindu Sejarah

Sebelum sifat-sifat mulia muncul, Allah mula-mula memberinya satu kaidah paripurna… “Hai Yahya, pelajarilah Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh” (Maryam : 12). “Sungguh-sungguh dalam memahami, sungguh-sungguh dalam mengemban dan berdakwah, sungguh-sungguh dalam mengamalkan dan kesabaran, serta sungguh-sungguh dalam keimanan dan keyakinan pada Kitabnya”, tulis Syaikh Muhammad Said Hawwa dalam bukunya Shinaatus Syabab.

Baca selengkapnya »

PKS Tetap Menolak Kenaikan BBM

Sekretaris Jenderal PKS Anis Matta mengaku tak mempermasalahkan keberadaan Wakil Presiden Boediono dalam rapat Sekretariat Gabungan (Setbag) pada Minggu malam kemarin. Namun yang terpenting PKS menyakini jika sikapnya masih tetap menolak rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut. "Saya kira, di Setgab pak Boediono yang pimpin tidak masalah dan sampai saat ini PKS masih bertahan (menolak kenaikan BBM)," ujar Anis disela-sela Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2012).

Baca selengkapnya »