Figure Archives: Jusuf Kalla

Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942. Wakil Presiden Indonesia 2014-2019. Pernah menjabat sebagai Wakil Presiden pada periode 2004–2009 dan Ketua Umum Partai Golongan Karya pada periode yang sama. JK menjadi capres bersama Wiranto dalam Pilpres 2009 yang diusung Golkar dan Hanura.

Aksi Bela Rakyat 121 di Samarinda

Poin-poin tuntutan mahasiswa Samarinda ialah: Menolak dengan tegas PP. NO. 60 Tahun 2016 dan menuntut Presiden Jokowi untuk mencabut PP tersebut, Menolak kenaikan harga BBM, tarif dasar listrik serta harga cabai yang mencekik rakyat, Mengecam Presiden dan jajarannya yang saling lempar batu sembunyi tangan atas kebijakan yang dibuatnya.

Baca selengkapnya »

2 Tahun Jokowi-JK, Anggaran Infrastruktur Tinggi Tapi Daya Saing Global Menurun

World Economic Forum (WEF) 2016/2017 melaporkan peringkat indeks daya saing Indonesia kembali terpuruk. Indonesia hanya menduduki peringkat ke-41 dari 138 negara. Laporan tersebut menunjukkan posisi Indonesia turun empat tingkat dibandingkan laporan pada tahun 2015 lalu yang berada pada posisi 37. Bahkan, posisi Indonesia ini juga mengalami penurunan dibandingkan laporan pada tahun 2014 yang berada pada posisi ke-34.

Baca selengkapnya »

Evaluasi 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla: Sektor Industri dan Pembangunan

Di sektor industri, terjadi perlambatan pertumbuhan pada industri pengolahan. Indeks manufaktur pada kuartal III/2016 berdasarkan nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) diketahui mengalami degradasi menjadi 48,74 persen, turun dari kuartal sebelumnya sebesar 52,38 persen. Survei Bank Indonesia menunjukkan bahwa kinerja industri pengolahan meski tetap tumbuh, namun terindikasi melambat dengan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 1,09 persen atau lebih rendah dari kuartal sebelumnya sebesar 3,41 persen.

Baca selengkapnya »

Harapan Baru untuk Menteri ESDM Baru

Posisi Menteri ESDM sangat strategis karena menyangkut hajat hidup rakyat dan kekayaan alam Indonesia yang bernilai ratusan ribu triliun. Bukan sekedar 1-2 triliun saja. Angka ini bisa kita dapatkan dari perhitungan cadangan kekayaan alam di tanah air. Untuk satu blok Migas saja, misalnya Blok Mahakam di Kalimantan Timur, terdapat potensi Gas sebanyak 12,7 Triliun Cubic Feet (TCF) dan Minyak sebesar 1,05 Miliar Barrel.

Baca selengkapnya »

Standar Ganda Para Penganjur Demokrasi, Pasca Gagalnya Upaya Kudeta di Turki

Fealy dari Australia menyoroti sisi buruk demokrasi yakni adanya standar ganda dan dilema demokrasi dalam penerapannya terutama di dunia Islam. Bahwa di suatu saat menurut Fealy, negara-negara Barat akan mendiamkan praktik pelanggaran HAM di negeri-negeri Muslim jika menguntungkan kepentingan mereka. Sebaliknya mereka akan bersuara lantang tentang suatu pelanggaran kecil jika itu terjadi di negeri Muslim yang menjadi ancaman bagi mereka.

Baca selengkapnya »
Organization