Figure Archives: Imam Bukhari

Kreativitas Dakwah Dalam Membangun Peradaban Islam Madani

"Sampaikanlah dariku, walau hanya satu ayat!", demikian kalimat tegas yang keluar dari lisan Rasullah Saw. yang mulia. Seuntai kalimat yang sangat terkenal di tengah kalangan umatnya, menunjukkan betapa pentingnya urgensi dakwah Islamiyyah dan acapkali menjadi motivasi utama para dai untuk tidak segan dan takut dalam menyampaikan ayat-ayat langit kepada setiap makhluk bumi, walaupun hanya satu ayat. Kalimat itupun terus bergulir sepanjang zaman, menjadi ruh semangat para dai dalam tataran praktisnya di lapangan. Berbagai macam cara ditampilkan. Dari zaman ke zaman. Memiliki ushlub atau metodenya sendiri.

Baca selengkapnya »

Virus Merah Jambu Dalam Bingkai Ikhtilath

Kesendirian adalah saat-saat berharga di mana kita benar-benar mengasah ibadah, kemampuan, kepribadian dan pencarian ilmu yang sebaik-baiknya. Kesendirian mengajarkan kepada kita, betapa sulitnya medan kehidupan. Kesendirian mengajarkan ketangguhan sebagai insan tatkala berbagai rasa sedih, gelisah, rindu dan benci menerpa. Kesendirian adalah moment untuk mengasah diri bermentalkan kemandirian. Seperti kepompong dalam kesendiriannya bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang indah. Untuk saat ini hanya Allahlah tempat sandaran dan pegangan yang terbaik.

Baca selengkapnya »

High Impact Concept dalam Aktivitas Berekonomi yang Dimiliki Islam

Konsep zakat dalam Islam merupakan sikap kepedulian yang diwajibkan kepada setiap muslim yang memiliki penghasilan diatas nishab. Zakat dapat mendorong individu yang tidak daya beli untuk tetap dapat meningkatkan kesejahteraannya. Jika digambarkan dalam contract curve yang membentuk pareto efficiency, zakat bisa mendorong kondisi pareto yang lebih berada di tengah. Semakin ke tengah mengindikasikan bahwa kesejahteraan tiap-tiap individu yang diukur dengan banyak barang x dan y yang didapatkan akan semakin setara. Dalam gambar 1.0 terlihat bahwa zakat bisa mendorong pareto efficiency untuk lebih berada di tengah dengan asumsi bahwa setiap pendapatan yang diperoleh dari zakat akan digunakan untuk membeli kombinasi barang x dan y. Sehingga pergeseran titik pareto efficiency akan sebesar zakat yang diterima oleh mustahiq.

Baca selengkapnya »
Organization