Figure Archives: Ibnu Hajar

Syiar Qurban, Syiar Hak dan Kasih Sayang

Sejatinya syiar qurban merupakan potret perhatian Islam terhadap hak perhewanan. Di saat banyak yang berbicara tentang berbagai macam hak; hak asasi manusia, hak kesehatan, hak ketenagakerjaan, hak intelektual dan lainnya. Ternyata Islam sangat konsen terhadap hak perhewanan dan itu terlihat jelas setiap kali Idul Adha dan ayyam tasyrik. Lihatlah bagaimana Rasulullah SAW menghormati hak hewan qurban. Kasih sayang Rasulullah SAW terhadap hewan qurban. Setiap kali ingin berqurban beliau SAW akan membeli dua ekor kambing belang (putih hitam) yang besar, gemuk, dan bertanduk sebagai lambang hewan yang sehat.

Baca selengkapnya »

Menulis dan Tanggung Jawab Ilmu

Menulis merupakan satu kegiatan keilmuan yang paling baik untuk mengembangkan ilmu yang kita miliki. Dengan menulis kita bisa menyampaikan berbagai informasi, perasaan, dan gagasan secara nyata sehingga bisa dilihat dan diketahui oleh khalayak umum. Namun, bagaimana apabila paradigma menulis telah dilandasi oleh kepentingan-kepentingan materi?

Baca selengkapnya »

Saat Sujud, Dahulukan Lutut atau Tangan?

Ibnul Qayyim mengatakan: Dahulu Rasulullah ﷺ meletakkan lututnya sebelum tangannya, kemudian tangannya, lalu diikuti dengan keningnya dan hidungnya. Inilah yang shahih yang diriwayatkan oleh Syarik dari ‘Ashim bin Kulaib dari ayahnya, dari Wail bin Hujr, dia berkata: “Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, jika dia sujud dia meletakkan lututnya sebelum tangannya, dan jika dia akan bangkit, dia mengangkat tangannya sebelum lututnya. Dan tidak ada riwayat yang bertentangan dengan apa yang dilakukannya itu.” Selesai.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization