Figure Archives: Harun AS

Akhlak Mujahid Dakwah

Di antara akhlak-akhlak dan sifat-sifat yang mesti dimiliki oleh sang mujahid dakwah adalah mengamalkan atas apa yang ia dakwahkan. Ia menjadi qudwah (teladan) yang baik terhadap apa yang ia dakwahkan. Bukan mendakwahkan tentang perkara yang justru ia tak kerjakan, atau mendakwahkan untuk melarang sesuatu namun ia malah kerjakan. Jika seperti itu, maka mereka itu termasuk orang-orang yang merugi. Na'udzubillah min dzalik.

Baca selengkapnya »

Sikap Golongan-Golongan Syiah Terhadap Sahabat Rasulullah SAW

Sebelumnya telah didedahkan bahwa syiah yang kafir sebagaimana kesepakatan semua ulama (Sunni, Mu’tazilah, syiah Zaidiah dan Imamiah) adalah syiah Ismailiah Batiniah. Adapun syiah Zaidiah adalah syiah yang paling dekat dengan Sunni, ulama Ahlu Sunnah berbeda tanggapan dan pandangan terhadap syiah Imamiah atau sering disebut sebagai syiah imam 12.

Baca selengkapnya »

Sahabat Surga

Suatu ketika, Rasulullah pernah ditanyakan oleh sabahat tentang sahabat manakah yang paling baik, Rasulullah menjawab bahwa sahabat yang baik adalah yang mengingatkan kamu kepada Allah apabila melihatnya, dan bertambah ilmumu apabila mendengar pebicaraanya, dan mengingatkan kamu kepada Allah apabila melihat amalannya. Di dalam hadits yang lain, Rasulullah juga memberikan perumpaan sahabat yang baik seperti penjual minyak wangi, dan sahabat yang buruk seperti tukang besi. Bersahabat dengan penjual minyak akan keciprat harumnya, sedangkan bersahabat dengan tukang besi akan terbakar atau kerkena asabnya.

Baca selengkapnya »

Terkabulnya Doa Nabi Ibrahim

Doa Nabi Ibrahim AS dikabulkan Allah. Dia (Allah) tidak menjadikan tanah gersang di sekitar Ka’bah menjadi subur, namun banyak orang mendatangi tempat tersebut dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun hingga saat ini. Ka’bah menjadi ramai dan banyak buah-buahan berdatangan dari berbagai negeri yang dapat Kita saksikan sekarang di Mekah sampai saat ini.

Baca selengkapnya »

Politik Firaun

Belajar dari kisah Alquran ini, mari kita jauhi cara politik Firaun, sebagai bekal kita untuk membangun Indonesia Raya yang sama-sama kita cintai, dan berperan aktif dalam perdamaian dunia (termasuk Mesir lho…!). Tidak ada tempat untuk Neo Firaun. Merdeka…! Allahu Akbar…!

Baca selengkapnya »