Figure Archives: Ahmad

Wahai Umat Akhir Zaman, Timur Bukan Barat!

Perang melawan terorisme yang menjadi salah satu puncak konflik Barat dan Islam bisa jadi merupakan permainan dari pihak ketiga untuk mengadu domba Barat dan Islam itu sendiri, dan ditujukan untuk melemahkan keduanya. Terbukti, sumber daya sangat besar dikeluarkan AS dalam perang melawan terorisme ini, tapi AS tidak mendapatkan hasil apa-apa dari perang ini, termasuk invasinya ke Afghanistan, Irak, dan sebagainya. Justru sebaliknya, dampak dari perang ini justru adalah menguatnya peran Tiongkok dan Syiah yang mulai menggeser supremasi AS.

Baca selengkapnya »

Iman Butuh Pengorbanan

Hijrah membawa pesan bahwa untuk menyempurnakan dan mempertahankan iman kadang kala dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar. Pengorbanan dengan keragaman bentuknya, seperti; pengorbanan pikiran, tenaga, waktu, harta, bahkan jiwa. Ketika Rasulullah hendak berangkat hijrah beliau berbicara kepada kota Mekah, sebagaimana dituliskan dalam Sunan Imam Tirmidzi dan Musnad Imam Ahmad.

Baca selengkapnya »

Syiar Qurban, Syiar Hak dan Kasih Sayang

Sejatinya syiar qurban merupakan potret perhatian Islam terhadap hak perhewanan. Di saat banyak yang berbicara tentang berbagai macam hak; hak asasi manusia, hak kesehatan, hak ketenagakerjaan, hak intelektual dan lainnya. Ternyata Islam sangat konsen terhadap hak perhewanan dan itu terlihat jelas setiap kali Idul Adha dan ayyam tasyrik. Lihatlah bagaimana Rasulullah SAW menghormati hak hewan qurban. Kasih sayang Rasulullah SAW terhadap hewan qurban. Setiap kali ingin berqurban beliau SAW akan membeli dua ekor kambing belang (putih hitam) yang besar, gemuk, dan bertanduk sebagai lambang hewan yang sehat.

Baca selengkapnya »

Pelabelan yang Merugikan

Namun, jika diteliti semua pihak yang saling bersitegang ini masih mengucap kalimat syahadah yang sama. Mereka yang berbeda ini juga adakalanya duduk sekampung, tinggal sekomplek, rekan satu kerja atau organisasi dan boleh jadi satu keluarga juga. Sakit demam, kemalangan dan urusan jenazah (apabila menghadapi kematian) masih saling memerlukan. Kita hanya mampu berdo'a agar Allah turunkan petunjuk untuk kita agar sama-sama ikhlas dan bijak menghadapi perbedaan. Allahummahdina.

Baca selengkapnya »

Belajar Bertutur Hikmah dari Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah

Dalam usia yang relatif belia, Ibnul Qayyim telah memulai penyimakan hadits dan ilmu-ilmu lainnya di majelis-majelis para syaikh beliau. Pada jenjang usia ini beliau juga telah menyimak beberapa juz berkaitan dengan Ta’bir ar-Ruyaa (Tafsir mimpi) dari syaikh beliau Syihabuddin al-‘Abir. Dan juga beliau telah mematangkan ilmu Nahwu dan ilmu-ilmu bahasa Arab lainnya pada syaikh beliau Abu al-Fath al-Ba’labakki, semisal Alfiyah Ibnu Malik dan selainnya.

Baca selengkapnya »

Saat Sujud, Dahulukan Lutut atau Tangan?

Ibnul Qayyim mengatakan: Dahulu Rasulullah ﷺ meletakkan lututnya sebelum tangannya, kemudian tangannya, lalu diikuti dengan keningnya dan hidungnya. Inilah yang shahih yang diriwayatkan oleh Syarik dari ‘Ashim bin Kulaib dari ayahnya, dari Wail bin Hujr, dia berkata: “Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, jika dia sujud dia meletakkan lututnya sebelum tangannya, dan jika dia akan bangkit, dia mengangkat tangannya sebelum lututnya. Dan tidak ada riwayat yang bertentangan dengan apa yang dilakukannya itu.” Selesai.

Baca selengkapnya »