Figure Archives: Adian Husaini

Wajah Sekularisme

Itulah wajah sekularisme yang merusak tatatan kehidupan. Seyogianya setiap Muslim harus terus waspada terhadap paham sekularisme ini. Sejatinya sekularisme adalah ideologi yang lahir di Barat dan merupakan produk spesifik dari pengalaman masyarakat Barat.

Baca selengkapnya »

Jihad dan Pesantren

Jihad memiliki banyak macam yang semuanya menuju satu tujuan yaitu I’lai kalimatiLlah, dan setiap muslim wajib memiliki semangat jihad dan melaksanakannya sesuai kemampuan dan kemaslahatan kaum muslimin, karena jihad adalah kewajiban agama yang paten dan abadi sampai Hari Kiamat. Dan, sejarah telah menunjukkan bahwa pesantren telah memiliki jiwa jihad tersebut dan melaksanakan bermacam-macam jihad yang telah disebutkan dimuka, baik secara fisik ataupun intelektual. Semangat para pendahulu inilah yang harus selalu dipompa dan diperbaharui oleh kaum santri untuk mencapai kejayaan Islam yang adil dan mengayomi seluruh kaum muslimin. Wallahu A’lam.

Baca selengkapnya »

Pendidikan Pemuda dan Penyakit Sekolahisme

Tidak bisa disamakan antara sekolah dan pendidikan. Sifat pendidikan (tarbiyah) lebih fleksibel, rumah, tempat bermain dan sekolah itu sendiri adalah sarana untuk tarbiyah. Sedangkan sekolah hanya bagian dari pendidikan yang cukup berpengaruh. Pandangan sekolahisme adalah menganggap pendidikan itu sekolah, sekolah itu pendidikan. Seperti dikatakan Adian Husaini dalam artikel tersebut “... Sekolahisme adalah menyamakan pendidikan dengan sekolah”.

Baca selengkapnya »
Organization