Figure Archives: Abu Jahal

Memiliki nama asli Abdul Hakam bin Hisyam.

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Idul Fitri Sebagai Momentum Peradaban Islam

Ketika Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah, beliau SAW mendapati orang-orang berpesta dalam dua hari. Rasulullah SAW bertanya, "Hari apa ini?" Para penduduk Madinah itu menjawab, "Kami dulu berpesta dalam dua hari ini". Rasulullah SAW kemudian bersabda, Sungguh, Allah SWT telah mengganti dua hari itu dengan yang lebih baik dari padanya Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca selengkapnya »

Dunia Islam Perlu Mendukung AS

Pelajar muslim

Di antara inferioritas yang dialami umat ini, keyakinan kita akan superioritas dinul Islam ini tetap harus menumbuhkan komitmen untuk menjadi solusi bagi permasalahan dunia. Islam pernah mentransfer pengetahuan kepada Barat yang mengeluarkan mereka dari masa kegelapan, dan sekarang kembali tugas berat menghadang umat Islam pasca terpilihnya Trump sebagai presiden AS, pada saat Barat sedang menghadapi ekspansi Timur, krisis demografi dan krisis moral.

Baca selengkapnya »

Antara Ramadhan, Perang Badar, dan Fathul Mekah

Mari kita telaah dua peristiwa besar dalam sejarah Islam ini untuk kita petik pelajaran. Menariknya, perang Badar dan Fathul Mekah sama-sama terjadi di bulan Ramadhan. Artinya, Ramadhan adalah bulan perjuangan dan Ramadhan pula bulan kemenangan. Ramadhan adalah momentum bagi kita untuk melakukan perubahan dan perbaikan mendasar dan menyeluruh dalam hidup kita, baik dalam konteks pribadi, keluarga, masyarakat, maupun negara.

Baca selengkapnya »

Perbuatan Baik Tidak Akan Disia-Siakan

Perbuatan baik atau buruk sekecil apapun akan tetap mendapat ganjaran dari Allah SWT. “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat biji dzarrah (biji atom) niscaya dia akan menerima (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat biji dzarrah (biji atom)pun niscaya dia akan menerima balasannya.”(QS. Al-Zalzalah (99)7-8). Yakinkan diri agar tetap melakukan perbuatan baik, meskipun berat. InsyaAllah. Allah akan membalas perbuatan baik kita. Tidak ada perbuatan baik yang berujung pada sia-sia. Karena Allah melihat apa yang kita perbuat dan malaikatpun akan mencatat.

Baca selengkapnya »

Sang Pembawa Arus

Orang seperti umar harus selalu ada, bahkan diperbanyak dalam usaha kita memperkuat barisan dakwah. Apalagi dunia politik adalah era dakwah jahriyah. Tidak seperti para aktivis pendahulu(tahun 80-90) yang masih berdakwah pada dakwah era sirriya.Karena memang kebutuhan dakwahnya berbeda. Pada saat itu dakwahnya masih berfokus pada bidang sosial dan budaya. Sehingga, dahulu yang dibangun adalah pondasi ideologis yang menghujam. Di era dakwah jahriyah ini tuntutan dakwah harus lebih terbuka dan ekspansif.

Baca selengkapnya »