Figure Archives: Abu Ayyub Al-Anshari

Pesona Jejak Kejayaan Islam di Negeri 1000 Masjid

Turki sering disebut sebagai “Negeri 1000 Masjid” karena di sepanjang jalan kita dapat menemukan banyak masjid-masjid dengan bentuk bangunannya yang khas. Dindingnya sekilas terlihat menyerupai sebuah benteng. Bangunannya menjulang tinggi dengan kubah-kubah dan menaranya. Dengan melihat jumlah menaranya, kita dapat mengetahui siapa donatur terbesar dari pembangunan masjid tersebut. Biasanya jika terdapat dua menara, artinya masjid tersebut dibangun oleh masyarakat setempat. Jika terdapat tiga, empat atau lebih biasanya dibangun oleh keluarga raja atau raja itu sendiri.

Baca selengkapnya »

Tidak Ada Istirahat di Jalan Perjuangan

“Laa raahah illaa fil-jannah”. Istirahat kita adalah di surga Allah (Aamin yaa rabbal ‘aalamiin, semoga Allah memasukkan kita ke sana). Dan mau tidak mau kita harus siap, jangan lemah dan jangan melemah-lemahkan kekuatan kita, karena sesungguhnya Allah tidak akan membebani melampaui kesanggupan kita. Hanya saja sering kali justru kita sendiri yang menurunkan standar kesanggupan kita.

Baca selengkapnya »

Sikap Golongan-Golongan Syiah Terhadap Sahabat Rasulullah SAW

Sebelumnya telah didedahkan bahwa syiah yang kafir sebagaimana kesepakatan semua ulama (Sunni, Mu’tazilah, syiah Zaidiah dan Imamiah) adalah syiah Ismailiah Batiniah. Adapun syiah Zaidiah adalah syiah yang paling dekat dengan Sunni, ulama Ahlu Sunnah berbeda tanggapan dan pandangan terhadap syiah Imamiah atau sering disebut sebagai syiah imam 12.

Baca selengkapnya »

Kopdar dan Segelintir Makna di Baliknya

Apasih istimewanya kopdar? Pertama mari kita samakan persepsi dan pengertian yang kita inginkan dari kopdar di sini. Maksud kopdar di sini adalah berkumpul yang diisi hal-hal dan kegiatan yang positif, mubah, dan atau tidak melanggar ketentuan agama islam, bahkan bisa jadi hal-hal yang sunnah dan wajib, seperti saling menasihati, bertegur-sapa, bercerita, melepas rindu dan sebagainya. Jadi selanjutnya saat saya sebutkan kopdar, maka pengertian kopdar inilah yang saya maksud. Karena, tentu saja ada kopdar yang diisi dengan kegiatan yang tidak seharusnya dilakukan, seperti berkumpul untuk gossip, main judi, ikhtilath, dan sebagainya.

Baca selengkapnya »
Organization