Organization Archives: WHO

Dana Zakat dan Peran Pemberdayaan

Ketiga, bidang kesehatan dimana pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Pada tahun 1948, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyepakati bahwa diperolehnya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya adalah hak fundamental bagi setiap orang tanpa membedakan ras, agama, politik yang dianut dan tingkat sosial ekonominya. Perubahan pemahaman konsep sehat dan sakit beserta makin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi telah menggugurkan peradigma kesehatan lama yang mengutamakan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif dan rehabilitative digantikan paradigme pembangunan kesehatan baru, yaitu paradigme sehat yang bersifat proaktif.

Baca selengkapnya »

Hina Nabi Muhammad dan Islam, Orang Ini Masuk RSJ

Tulisan Ahmad Fauzi, pria asal Semarang, memicu kemarahan umat Islam karena terkesan menghina Nabi Muhammad SAW. Dalam akun Twitternya, bahkana pernah menghina Islam dengan menyebutnya sebagai “agama skizofrenia”. Namun ternyata Ahmad Fauzi sendiri diketahui telah mengidap penyakit Skizofrenia sejak tahun 1998. Polda Jateng membawa Fauzi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dokter Aminogondohutomo, untuk dilakukan observasi.

Baca selengkapnya »

Rokok Sang Pembunuh

Banyak orang tahu bahwa rokok mengancam kesehatan namun tidak bisa melepaskan diri dari jeratan rokok. Sudah jelas merokok mengancam kesehatan tapi tetap saja merokok. Padahal rokok telah menyebabkan kematian dalam jumlah besar. 12,7 % kematian di Indonesia terjadi akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok.

Baca selengkapnya »

Investasi SDM Melalui Pendidikan

Belajar dari semangat para ulama terdahulu dalam mencari ilmu di bangku pendidikannya, kita dapat memetik kata kunci kesuksesan mereka. Penyebabnya adalah investasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mereka lakukan di masa lalu. Inilah yang membuat ilmu mereka lestari dan bertahan hingga hari ini.

Baca selengkapnya »

Hari Pendidikan Nasional: “Investasi SDM”

Pendidikan harus dipandang sebagai investasi Sumber Daya Manusia (SDM) di masa depan untuk mencapai banyak tujuan mulai dari memutus rantai kemiskinan sampai urusan bangsa dan negara mau dibawa ke mana masa depannya. Semua tergantung kualitas SDM. Kunci masa depan sebuah negara bukan lagi berdasar kekayaan alam namun pada kualitas warga negaranya.

Baca selengkapnya »

Antara Fenomena LGBT dan Ancaman AIDS

Untuk pencegahan AIDS tetap diperlukan kesadaran bagi masyarakat untuk menghindari faktor risiko yang bisa menyebabkan tertularnya HIV. Salah satunya menghindari dan mencegah homoseksual atau LGBT di samping mengenal dan menghindari sumber penularan lain seperti seks bebas/seks tidak aman, penggunaan jarum suntik pengguna narkoba, penularan dari ibu ODHA ke anak yang dikandung/disusui dan lainnya.

Baca selengkapnya »

Pendidikan Remaja untuk Penyiapan Generasi Bangsa

Pada akhirnya setiap orang tua dan pendidik harus memahami perilaku dan perubahan remaja agar dapat mendidik remaja untuk mewujudkan generasi bangsa Indonesia yang lebih baik ke depannya. Masa remaja adalah masa yang istimewa, penuh gejolak karena pertumbuhan fisik juga akan mempengaruhi perkembangan berpikir, bahasa, emosi dan sosial sang anak. Dengan demikian masa perkembangan yang khusus ini juga memerlukan penanganan yang khusus dari setiap orang tua dan pendidik agar para remaja dapat melalui fase ini dengan baik.

Baca selengkapnya »
Organization