Organization Archives: UNESCO

Google dan Dihapusnya Peta Palestina

Beberapa point bisa kita simpulkan dari peristiwa penghapusan nama Palestina ini dari peta Google. Pertama, masyarakat dunia mengekspresikan kekesalannya ketika mendapati kabar dihapusnya nama Palestina dari web peta Google. Mereka merespon cepat, tanpa harus menelurusi terlebih dahulu ada tidaknya pencantuman Palestina pada web peta Google pada edisi sebelumnya. Yang mereka tahu, faktanya saat ini memang tidak ada nama Palestina di peta itu, dan yang tertulis hanyalah nama Israel.

Baca selengkapnya »

Gerakan Kampung Membaca

Gerakan Kampung Membaca atau biasa disingkat GKM dilaksanakan dari kampung ke kampung. Sasaran utama dari program GKM ini adalah para pelajar. Pegiat GKM melibatkan berbagai lini anak muda, dari mulai siswa SD sampai dengan guru honorer. Kerelawanannya tidak dibatasi. Setiap orang memiliki kepedulian yang sama bisa ikut ambil bagian.

Baca selengkapnya »

Membangun Bangsa dengan Literasi

Hakikat secara umum dari literasi adalah membaca dan menulis. Namun, seiring berjalannya waktu hakikat literasi kini makin berkembang. Hakikat literasi adalah suatu kemampuan dalam menggunakan informasi tertulis untuk mengembangkan pengetahuan sehingga mendatangkan bagi masyarakat luas. Nah, inilah hakikat literasi yang akan membangun bangsa. Sebagaimana pendahulu-pendahulu kita sang pendiri bangsa menjadikan membaca sebagai kebutuhan dalam hidupnya. Sehingga dapat menjadikan bangsa ini berjaya dan ditakuti bangsa lain di massanya.

Baca selengkapnya »

Smart City dan Peradaban Kota

Penerapan kota pintar sepertinya memerlukan sebuah inovasi tambahan dalam bentuk kebijakan atau program; agar masing-masing pemimpin dan penduduk kota bisa mempraktikkan dan melestarikan keshalihan individu dan sosial sebagai sebuah perilaku. Dan saya kira, itulah inti dari smart city (kota pintar) yaitu smart citizen (penduduk yang pintar). Dengan terwujudnya keshalihan penduduk kota, maka sempurnalah peradaban sebuah kota.

Baca selengkapnya »
Organization