Organization Archives: UGM

Dilematis Antara PTN-BH dan MWA: Studi Kasus Universitas Pendidikan Indonesia

Sangat strategis dan krusial tugas dari MWA ini, Namun sangat disayangkan dan menjadi permasalahan besar, dari 11 Kampus yang sudah PTN-BH, UPI belum melibatkan Mahasiswa dalam unsur MWA nya di dalam Statuta Univerisas. Padahal mahasiswa lah yang akan merasakan dampak langsung dari kebijakan MWA ini. kebijakan-kebijakan rektorat yang tidak pro terhadap Mahasiswa yang kerap kali dirasakan Mahasiswa UPI salah satu penyebabnya adalah karena tidak ada perwakilan mahasiswa dalam unsur Majelis Wali Amanat. Karena tentu logika rektorat sangat berbeda dengan logika Mahasiswa di lapangan.

Baca selengkapnya »

Plagiarisme dan Martabat Intelektual

Diperlukan pula pengawasan yang ketat dan penegakkan sanksi yang tegas dari institusi pendidikan agar mencegah kejadian plagiarisme terulang kembali. Selain untuk menjaga nama baik institusi yang bersangkutan, lebih jauh, juga untuk menjaga martabat intelektual yang memang sudah menjadi keharusan untuk ditanamkan pada setiap diri insan akademis.

Baca selengkapnya »

Ibuku Kolot!

Kala itu aku yang baru selesai mandi dipanggil ibu, segera saja aku bergegas masuk ke kamar ibu, tiba-tiba saja Ibu membentakku untuk menjauhi lelaki itu, mukanya merah padam, aku yang tak tau duduk masalahnya langsung mengklaim semua bentakan ibu. Kesal yang ku rasakan bukan main saat Ibu memperlihatkan handphoneku yang digenggam oleh tangan kanannya seakan Ibu sudah tau semua rahasia yang ku simpan rapat-rapat. Tapi ibu harusnya tau itu privasiku. Ku bentak Ibu dengan nada yang tak kalah tinggi. Ah! Ibuku seperti tak pernah muda saja.

Baca selengkapnya »

Jangan Sampai Ketemu Mertua Seperti Ini

Di dunia ini ada 3 jenis mertua, pertama adalah yang pengertian kepada menantunya. Pengertian dengan kondisi menantunya dan dia menerima menantu karena aspek agamanya. Yang penting sholeh, soal uang bisa diusahakan. Kedua, hubbudunya (terlalu cinta dunia) sehingga materi jadi tolak ukurnya. Dan yang ketiga, mertua yang segan kepada menantunya. Segan kepada menantu karena menantunya hafal Alquran, tidak merokok, dan punya 20% saham di Manchester City.

Baca selengkapnya »

16 Jam Mencari Bahagia

Perjalanan disana sudah mulai mendekati tujuan saya yakni ITB. Uniknya Bandung, walaupun hanya mengandalkan papan hijau bernama, kita bisa mencapai tujuan kita dengan mudah. Dengan sangat semangat saya terus mengayuh sepeda berbalapan dengan para pengendara motor disana. Dan banzai, akhirnya saya bisa touchdown di ITB pukul 21.30 WIB. Dari sini saya belajar banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang bisa terus membuat diri mengembangkan kapasitas. Tunggu episode keduanya.

Baca selengkapnya »

Muslimah 3 Dimensi

Muslimah memamahi akan adanya tiga dimensi yang harus dipenuhi setiap entitas di dalamnya. Pun demikian kongruen, dimensi pertama dan kedua harus sudah clear, lantas memasuki dimensi ketiga. Hanya saja, tetap. Idealisme tertinggi adalah tercapainya secara utuh lapisan setiap dimensi. Peran dan aksi nyata harus terwujud agar tidak terjadinya kekeroposan dalam tubuh seorang muslimah. Maka adalah wajib hukumnya, setiap kita mulai dari saat ini, untuk menyadari akan kebutuhan diri dan zaman. Menurut penulis, konsep tersebut mengajarkan, menyadarkan, dan memberikan solusi konkret dan utuh dalam perjuangan perbaikan Negeri ini. Tidak main-main. Bukankah perempuan itu tonggak peradaban?

Baca selengkapnya »
Organization