Organization Archives: Republika

Lembaga Dakwah Membina Hubungan dengan Pers

Dengan lembaga dakwah menjalin dan menjaga hubungan dengan media merupakan cara yang efektif untuk membangun, menjaga, dan meningkatkan citra atau reputasi organisasi di mata masyarakat. Media relations sangat penting artinya sebagai wujud komunikasi dan mediasi antara suatu lembaga dengan publiknya. Di sisi lain, fungsi media relations yang berjalan baik sangat bermanfaat bagi aktivitas lembaga karena pihak media memberi perhatian pada isu-isu yang diperjuangkan (Shafwatillah, 2014).

Baca selengkapnya »

Bid’ah, Pengulangan Sejarah, dan Fitnah Zaman Ini

Sebenarnya, sebagian besar dari apa yang terjadi di zaman ini, baik itu yang terjadi di Timur Tengah, di Tanah Air, dan di belahan bumi lainnya, merupakan pengulangan-pengulangan. Rekam jejak sejarah peradaban manusia melalui kisah-kisah kaum terdahulu menuntut manusia untuk mengambil pelajaran sehingga dapat menimbang rentetan peristiwa masa lalu serta menimbang dengannya pada zaman ini. Dengan begitu, kita bukan saja tidak mudah kaget, namun juga memiliki salah satu karakteristik Ulul Albab, yakni mereka yang dapat mengambil pelajaran dari kisah umat terdahulu dan memikirkan sebab-akibat peristiwa-peristiwa tersebut serta dengan kebenaran yang didapatinya melalui proses tafakur menambah pengagungannya terhadap ayat-ayat Allah.

Baca selengkapnya »

Ayat-Ayat Cinta 2

Ayat-ayat Cinta 2 adalah novel pembangun jiwa yang cukup komplit, ia berkisah tentang bagaimana seharusnya seorang Muslim bersikap dan berperilaku, ada pula kisah cinta, ada ilmu-ilmu yang disampaikan dengan cara yang begitu ringan, hingga argumen-argumen dalam isu Islamofobia yang cukup relevan, hingga akhirnya novel setebal lebih dari 600 halaman ini lezat untuk dibaca.

Baca selengkapnya »

Kreativitas Dakwah di Tengah Masyarakat Modern

Dakwah kreatif merupakan sebuah paradigma baru dalam dunia dakwah di era modern. Potensi besar yang akan dimiliki pemuda Islam kedepannya, sudah semestinya kita optimalkan dengan baik untuk kepentingan Dakwah Islamiyah. Jika potensi dakwah kreatif oleh para pemuda Islam ini mampu kita optimalkan dalam tataran konsep ataupun praktisnya di lapangan, maka momentum kelahiran peradaban Islam yang madani bukan lagi menjadi utopia.

Baca selengkapnya »

Pers, Kembalilah Pada Khitah Kalian!

Lihatlah kondisi pers saat ini. Bencana asap di Sumatera dan Kalimantan tidak menjadi isu ’seksi’ bagi media. Padahal, telah jatuh korban jiwa dari kalangan anak-anak ditambah terhentinya aktivitas masyarakat. Tercatat hanya republika sebagai media cetak yang mengangkat isu asap ini secara konsisten. Dan ini terjadi karena masih ada tarikan yang cukup kuat bagi lembaga pers untuk menjaga reputasi pemerintahan terpilih yang juga naik karena keringat mereka.

Baca selengkapnya »