Organization Archives: OJK

BPRS Amanah Ummah Bogor Gelar Milad ke-25 dan Peresmian Gedung Baru

Dalam kesempatan itu, Taufiq menceritakan bahwa BPRS Amanah Ummah termasuk generasi awal perbankan syariah di Indonesia, "Kami hadir tiga bulan setelah bank Muamalat muncul, dan alhamdulillah dalam perjalanannya BPRS Amanah Ummah menjadi bank yang sehat dan menjadi rujukan BPRS dari berbagai daerah di Indonesia. Dan kami berharap kita menjadi BPRS nomor satu di Indonesia," harapnya.

Baca selengkapnya »

Outlook Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Tantangan Global

Ekonomi syariah menjadi salah satu perbaikan perekonomian bangsa. Di Negara Indonesia ekonomi syariah sudah mulai banyak di kalangan masyarakat menengah atas. Meskipun pada realitas saat ini ekonomi syariah masih jauh dalam peradaban. Dukungan atau support dari berbagai instansi atau lembaga, sudah mulai membuka peluang untuk Peradaban Ekonomi Syariah ke Depannya. mulai dari Lembaga Perbankan, yang di namai dengan “Perbankan Syariah” yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan meskipun hanya beberapa persen dari bank konvensional.

Baca selengkapnya »

Menjawab Problematika SDM Audit Syariah di Indonesia

Mengatasi tugas, mekanisme kerja dan klasifikasi opini DPS, harapannya ada regulasi dari pihak yang berwenang yang mengatur bagaimana tugas, mekanisme kerjanya dan kualifikasi opini auditor syariah, seperti layaknya audit yang ada saat ini. Dalam hal ini dibutuhkan sinergi antara DPS dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) selaku yang mengeluarkan fatwa syariah. Sehingga segala sesuatunya dapat terarah dan terstruktur rapi.

Baca selengkapnya »

Realisasi Peran LAZ Sebagai Mitra Pemerintah Dalam Memandirikan Umat Melalui Advokasi Kebijakan

Advokasi kebijakan LAZ dan BAZNAS yang bisa dilakukan dalam segi penghimpunan adalah bekerja sama dengan otoritas jasa keuangan dalam bentuk strategi penghimpunan zakat institusi-institusi keuangan yang berada di bawah kendali OJK baik perbankan, industry keuangan non bank dan pasar modal, seperti menetapkan syarat saham-saham yang masuk kategori saham syari’ah melalui penerapan kewajiban zakat yang harus mereka tunaikan. Kemudian dari segi pendayagunaan, LAZ dan BAZNAS bisa bekerja sama dengan kementrian koperasi dan UKM melalui programnya yaitu penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta pendampingan pelaku usaha mikro yang mana memiliki tujuan yang sama dalam rangka memandirikan umat yang terpuruk dalam kondisi kemiskinan agar tidak selamanya mengharapkan pemberian dan belas kasihan orang lain, karena melalui kerja sama ini LAZ dan BAZNAS tidak hanya terbantu dengan sumber daya manusia yang memadai namun Lembaga Amil Zakat juga bisa banyak belajar terkait penyaluran pembiayaan dan pemberdayaan UKM secara professional. Lalu dalam segi penyalurannya, baik dalam bentuk program pendidikan dan kesehatan maka LAZ dan BAZNAS bisa bersinergi dengan Kemendikbud dan Kemenag mengenai program pendidikan bagi masyarakat yang tidak mampu seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan program kesehatan gratis seperti kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diselenggarakan oleh kementrian kesehatan.

Baca selengkapnya »

Angin Segar Investasi Syariah

Ternyata jumlah orang kaya di Indonesia banyak, yakni per tahun 2014 ada sejumlah 47 ribu orang dengan kekayaan mencapai 157 milyar dolar AS (Capgemini, 2014), dan mereka bisa menjadi sasaran dari produk investasi ini. Dengan jumlah umat Islam sebanyak 80% dari total penduduk, investasi syariah terutama produk reksadana syariah offshore ini merupakan angin segar bagi perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Baca selengkapnya »

Optimalisasi Potensi Indonesia Dalam Perkembangan Keuangan Syariah

Dalam hal ini yang disoroti adalah perkembangan partisipasi muslim Indonesia terhadap keuangan syariah yang kini mulai terlihat ke permukaan. Selain itu, optimalisasi potensi lembaga keuangan Indonesia yang baru-baru ini diluncurkan oleh presiden Bapak Joko Widodo yaitu Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang mana ditujukan untuk mengharmonisasi perundang-perundangan perbankan syariah. Sehingga Indonesia siap dalam pertarungan menuju Asean Banking Integration Framework (ABIF).

Baca selengkapnya »

Ini Lho Audit Syariah

Tujuan audit syariah adalah untuk memastikan kesesuaian seluruh operasional bank dengan prinsip dan aturan syariah yang digunakan sebagai pedoman bagi manajemen dalam mengoperasikan bank syariah. Hal-hal yang dilakukan pada audit bank syariah meliputi: pengungkapan kewajaran penyajian laporan keuangan dan unsur kepatuhan syariah, memeriksa akunting dalam aspek produk, baik sumber dana ataupun pembiayaan. pemeriksaan distribusi profit, pengakuan pendapatan cash basis secara riil. pengakuan beban secara accrual basis, dalam hubungan dengan bank koresponden depositori, pengakuan pendapatan dengan bagi hasil. pemeriksaan atas sumber dan penggunaan zakat. ada tidaknya transaksi yang mengandung unsur-unsur yang tidak sesuai dengan syariah.

Baca selengkapnya »

Dilema Inklusi Keuangan di Indonesia

Penulis berharap para pemimpin bank mengevaluasi lagi kebijakan-kebijakan stafnya yang membuat nasabah tidak nyaman sehingga tidak ada lagi telepon dan sms yang mengganggu kenyamanan nasabah. Dan penulis juga berharap bahwa inklusi keuangan ini nyata berpihak kepada kelompok lemah.

Baca selengkapnya »