Organization Archives: Kementan

Maksimalisasi Potensi Sektor Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pangan di Indonesia

Berjalan membangun perekonomian bangsa yang dibutuhkan tidak hanya mengikuti jejak kecanggihan teknologi negara maju lainnya, namun bagaimana kita membangun ekonomi kerakyatan yang melakukan pengelolaan berdasarkan modal yang kita miliki dengan cerdas dan terstruktur. Kita sudah memiliki cukup modal ketika kita ingin menjadi bangsa yang besar. Letak Indonesia berada di tempat yang strategis, kekayaan sumber daya yang melimpah, tanah yang subur dan kearifan lokal yang kita punya sesungguhnya memiliki nilai besar jika benar-benar dikelola berdasarkan kemampuan yang terstruktur. Artinya adalah bahwa bangsa Indonesia mengelola segala modalnya dengan tahapan-tahapan yang terencana, rinci, dan memiliki pola. Tidak hanya itu, melainkan konsistensi sangat diperlukan ketika sedang fokus membangun tanpa harus mengeksploitasi secara berlebihan dan tanpa meniru cara yang dilakukan bangsa lain.

Baca selengkapnya »

Mengkritisi Kebijakan “One Day No Rice”

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia masih berupaya mencapai swasembada beras dengan dua cara. Pada satu sisi, pemerintah mendorong para petani untuk meningkatkan produksi mereka dengan mendorong inovasi teknologi dan menyediakan pupuk bersubsidi, sedangkan di sisi lainnya pemerintah berusaha mengurangi konsumsi beras masyarakat melalui kampanye seperti "One Day No Rice”.

Baca selengkapnya »

Polemik Problematika Pangan Asal Hewan di Indonesia dan Pemecahannya

Demi mencapai hasil yang lebih besar, maka sinergitas antara Kementerian Pertanian, Puslitnak, Badan Ketahanan Pangan, MUI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Industri dan Kementerian Kehutanan haruslah diwujudkan beserta lembaga diawahnya. Peran strategis setiap lembaga sesuai koridornya dengan kerja yang terintegrasi akan mewujudkan harapan masyarakat yakni tercapainya Indonesia yang mandiri pangan.

Baca selengkapnya »