Organization Archives: Kemenkeu

Kementerian Keuangan

Hikayat Negeri Ajaib

Negeri ajaib ini rasanya “auto-pilot”, tak jelas siapa yang memimpin dan siapa yang mengambil kebijakan. Saking tidak jelasnya adalah saat ada kenaikan pesat tarif pengurusan dokumen STNK dan BPKB. Mulai RI-1, Kapolri dan pihak Kemenkeu saling lempar tanggungjawab. Rakyat di negeri ajaib dibuat bingung. Di tengah ekonomi yang lesu, rakyat dibebani dengan naiknya tarif listrik, harga BBM dan meroketnya harga cabai. Malang nian rakyat negeri ajaib. Program “Nawacita” berubah menjadi program “Duka cita”.

Baca selengkapnya »

Ekonomi Islam Mengawal Pembangunan Indonesia di Tahun 2017

Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi langsung dalam pembangunan sekaligus memperoleh imbalan investasi yang menguntungkan dengan menjadi investor Sukuk Ritel. Sukuk Ritel merupakan instrumen investasi yang diterbitkan Pemerintah di pasar perdana, khusus untuk Warga Negara Indonesia. Calon investor dapat membelinya melalui Agen Penjual yang ditunjuk Pemerintah. Hampir seluruh bank besar, termasuk didalamnya yaitu bank syariah telah bergabung menjadi Agen Penjual Sukuk Ritel. Melalui Agen Penjual tersebut, setiap WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dapat membeli Sukuk Ritel.

Baca selengkapnya »

MPN G2 Sebagai Revolusi Sistem Penerimaan Negara di Indonesia

Oleh karena itu, untuk menjamin keberlanjutan sistem MPN G2 hingga masa yang akan datang, maka dibutuhkan kerja keras seluruh jajaran Ditjen Perbendaharaan bersama Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai dan Ditjen Anggaran, untuk mempersiapkan aplikasi MPN G2 yang friendly bagi berbagai pengguna lintas generasi. Langkah terakhir ditutup dengan proses transfer of knowledge kepada seluruh lapisan masyarakat pengguna layanan MPN G2. Semoga inovasi ini menjadi jalan bagi terbangunnya sistem penerimaan negara mutakhir, akuntable dan memiliki validitas data yang baik.

Baca selengkapnya »

“Pahlawan” Perpajakan Indonesia

Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya dua orang pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yang merupakan pegawai KPP Pratama dan KP2KP Sibolga, Sumut, pada saat menjalankan tugas negara yakni menagih utang pajak kepada Wajib Pajak (WP) pada hari Selasa kemarin (12/04/16). Mereka berdua adalah "Pahlawan Perpajhttp://www.dakwatuna.com/wp-admin/post-new.phpakan", meskipun sayangnya berita pembunuhan terhadap dua orang pegawai pajak ini seperti tenggelam. Tertutupi oleh berita tentang Ahok, kasus Sumber Waras, Reklamasi Teluk Jakarta dan lain-lain. Tak banyak media yang mau meliput dan menayangkan berita tragis ini, kalaupun ada cuma sepintas lalu saja. Sungguh menyedihkan...

Baca selengkapnya »

Tax Amnesty di Ambang Era Keterbukaan Informasi

Kembali pada tujuan mendasar dari Tax Amnesty, respons Wajib Pajak hendaknya dipahami pula sebagai sejenis respons atas segera berakhirnya era ketertutupan. Respons Wajib Pajak terhadap Tax Amnesty pasti tidak dapat dilepaskan dari fenomena segera berakhirnya era ketertutupan. Respons Wajib Pajak terhadap Tax Amnesty adalah respons yang terkait dengan segera dimulainya era keterbukaan informasi.

Baca selengkapnya »

Sukuk Ritel Sebagai Investasi Masa Depan

Saat ini sukuk sedang berkembang pesat di Indonesia. Menurut data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan RI tercatat total Penerbitan SBSN 2008-13 Jan 2016 sebesar Rp 390,82 triliun dan Total Outstanding SBSN sebesar Rp 297,49 triliun. Melihat pesatnya perkembangan sukuk di berbagai dunia. Ini menjadi kesempatan besar bagi kita untuk bisa memilikinya. Karena ketika membeli sukuk, maka kita akan mendapatkan kupon bagi hasil/fee/margin yang akan dikembalikan lagi saat jatuh tempo.

Baca selengkapnya »