Organization Archives: IPB

Institut Pertanian Bogor

Dilematis Antara PTN-BH dan MWA: Studi Kasus Universitas Pendidikan Indonesia

Sangat strategis dan krusial tugas dari MWA ini, Namun sangat disayangkan dan menjadi permasalahan besar, dari 11 Kampus yang sudah PTN-BH, UPI belum melibatkan Mahasiswa dalam unsur MWA nya di dalam Statuta Univerisas. Padahal mahasiswa lah yang akan merasakan dampak langsung dari kebijakan MWA ini. kebijakan-kebijakan rektorat yang tidak pro terhadap Mahasiswa yang kerap kali dirasakan Mahasiswa UPI salah satu penyebabnya adalah karena tidak ada perwakilan mahasiswa dalam unsur Majelis Wali Amanat. Karena tentu logika rektorat sangat berbeda dengan logika Mahasiswa di lapangan.

Baca selengkapnya »

Ibuku Kolot!

Kala itu aku yang baru selesai mandi dipanggil ibu, segera saja aku bergegas masuk ke kamar ibu, tiba-tiba saja Ibu membentakku untuk menjauhi lelaki itu, mukanya merah padam, aku yang tak tau duduk masalahnya langsung mengklaim semua bentakan ibu. Kesal yang ku rasakan bukan main saat Ibu memperlihatkan handphoneku yang digenggam oleh tangan kanannya seakan Ibu sudah tau semua rahasia yang ku simpan rapat-rapat. Tapi ibu harusnya tau itu privasiku. Ku bentak Ibu dengan nada yang tak kalah tinggi. Ah! Ibuku seperti tak pernah muda saja.

Baca selengkapnya »

Mahasiswa Dua Institusi

Menjadi mahasiswa IPB dan menjadi peserta rumah kepemimpinan PPSDMS memberikan pengalaman tersendiri bagi saya. Kuliah di dua institusi berbeda, ya mungkin itu yang menjadi pikiran selintas khususnya bagi saya yang berkuliah di “jurusan matematika”. Di hari kerja dan siang hari saya harus belajar eksak, sedangkan malam hari dan week end saya harus belajar ilmu-ilmu sosial humaniora

Baca selengkapnya »

Sang Ayah Ideologis

Inspirasi beliau tidak berhenti di sana. Beliau mengajarkan islam kepada kami sesuai dengan kapasitas yang kami punya. Materi yang diajarkan bukanlah materi yang berat untuk dicerna. Itu yang membuat kami selalu senang dan tidak pernah “kabur” dari mentoring-mentoring kami. Berkat beliau, semangat-semangat kami dalam mengemban amanah-amanah kampus tidak pernah padam. Walaupun kami jauh dari orang tua kami, kami merasa mempunyai orang tua kedua disini. Bukan orang tua biologis, melainkan orang tua ideologis. Ustadz Anuraga, sang ayah ideologis.

Baca selengkapnya »

Sinergi Zakat dan Pajak Dalam Memberantas Kemiskinan

Dengan semakin berkembangnya lembaga-lembaga zakat yang ada, tentu saja penghimpunannya dari tahun ke tahun akan terus meningkat. Menariknya, kini di Indonesia sudah ada penerapan kebijakan zakat sebagai pengurang pajak. Dengan ini, dana zakat akan dapat terus tergali tanpa mengurangi pendapatan pajak yang diterima pemerintah. Dan salah satu negara yang berhasil menerapkan kebijakan ini adalah Malaysia. Pendapatan zakat dan pajak terus meningkat secara bersamaan di negara tersebut.

Baca selengkapnya »

(Video) Mengawali Tahun Baru Hijriah dengan Gerakan Subuh Jamaah Nasional

Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia akan mencanangkan agenda bertajuk Gerakan Subuh Jamaah Nasional (GSJN). Agenda yang akan dilaksanakan secara serentak oleh kampus-kampus di seluruh penjuru nusantara ini, akan diawali dengan Grand Launching yang dipelopori oleh empat belas kampus di Indonesia, pada tanggal 1 Muharram 1437 H yang bertepatan pada tanggal 14 Oktober 2015.

Baca selengkapnya »

Jangan Bilang Amit-Amit Sama Kunyit

Meski ketahuan manfaatnya “segunung”, kunyit tidak bisa dikonsumsi sesukanya. Selain, khususnya yang tidak tahan terhadap phellandrena (sejenis minyak atsiri yang juga dikandungnya), bisa menyebabkan diare, disebut Made Astawan, guru besar di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, dan Andreas Leomitro Kasih, sebab dapat merangsang sekresi empedu, kebanyakan mengonsumsi kunyit dapat menyebabkan “kekosongan” kantung empedu.

Baca selengkapnya »

Bedah Buku “Antara Umar dan Khalid” yang Langsung Ludes di Cetakan Pertama

Event Organizer For Us (Forum untuk Semua) menggelar acara bedah buku karya terbaru Hepi Andi Bastoni, Ahad (23/8/2015) di Ruang Serbaguna Masjid al-Ghifari MMB IPB Bogor. Buku berjudul Antara Umar dan Khalid ini dibedah langsung oleh penulisnya Hepi Andi Bastoni dan Hilman Rosyad Syihab. Dengan dihadiri sekitar 100 peserta, acara ini berlangsung khidmat dan penuh antusias.

Baca selengkapnya »